Berita Metro

Rabu, 21 Juni 2017  18:20

99 KK di Pamekasan Terkena Dampak Luapan Kali Klowang

99 KK di Pamekasan Terkena Dampak Luapan Kali Klowang
PAMEKASAN (BM) - Sebanyak 92 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Pamekasan, terkena dampak luapan Kali Klowang akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur Pamekasan dan sekitarnya, Rabu (21/6).

Hujan mengguyur daerah itu sejak dini hari dan tetap berlangsung hingga sore. "Luapan kali akibat tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap ke rumah penduduk," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono.

Jumlah tersebut meliputi RT/RW 01/09 sebanyak 30 KK, RT 03 dan RT 06 sebanyak 35 KK, RT/RW 06/06 sebanyak 12 KK, RT/RW 07/02 sebanyak 15 KK. "Tapi sekarang kondisi air sudah mulai surut dan hujan mulai reda, sekalipun masih berawan," ungkapnya.

Selain itu, kata dia, intensitas hujan di wilayah pantura juga terbilang tinggi. Hal itu berdasar ketinggian air di tiga DAM berbeda, meliputi DAM Blumbungan mencapai 150 centimter (cm), DAM Klampar 60 cm dan DAM Samiran 50 cm," jelasnya.

Dia berharap, agar masyarakat khususnya di daerah rawan genangan agar selalu waspada, terlebih dengan kondisi yang masih berawan dan berpotensi hujan. "Masyarakat harus tetap waspada untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan," imbaunya.

Ketinggian air di wilayah terdampak banjir mencapai 80 cm dan mengakibatkan warga kesulitan untuk beraktifitas. Sebab, hujan tidak hanya terjadi di wilayah kota, tetapi menyebar di semua wilayah di Pamekasan," pungkasnya. (ptm/udi)



Berita Terkait