Berita Metro

Selasa, 30 Mei 2017  19:47

Tingkatkan Etos Kerja

Tingkatkan Etos Kerja
M. Fikser Kabag Humas Pemkot Surabaya
Bulan suci Ramadan 1438 H merupakan kesempatan bagi kita, termasuk para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup pemerintahan kota Surabaya untuk selalu berbuat baik dan beribadah. Pengabdian dan pelayanan akan mendapatkan pahala yang berlimpah-limpah nilainya jika dikerjakan dengan hati yang ikhlas.
 
Untuk itu, mari kita memaknai puasa Ramadan kali ini dengan meningkatkan etos kerja guna mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT. Seperti yang disampaikan dalam hadist nabi “Kejarlah duniamu seakan-akan kamu akan hidup seribu tahun lagi. Dan kejarlah Akheratmu seakan-akan kamu akan mati besok”.
 
Makna ini yang harus terus kita jaga, agar kita tetap bersemangat dalam bekerja dalam kondisi tetap menjalankan ibadah puasa. Hadist ini memberikan pelajaran yang berarti dalam kehidupan kita dalam mengabdi dan memberikan pelayanan bagi masyarakat.
 
Jangan sampai karena kita mengerjakan ibadah puasa, maka semangat kita akan menjadi kendor dalam melayani masyarakat. Justru sebaliknya kita terus menjaga semangat dalam beribadah dan bekerja.
 
Kerja secara halal itu sama halnya dengan jihad. Sebagaimana hadits Rasulullah yang Artinya: “Telah lewat seorang laki-laki dihadap Rasulullah SAW, maka para sahabat melihat kegagahannya dan giatnya dalam bekerja”. Kemudian mereka bertanya: “Apakah ini termasuk fisabilillah?” Maka bersabda Rasulullah SAW: “Sesungguhnya kalau dia bekerja untuk anaknya yang masih kecil, maka itu termasuk fisabilillah, dan sesungguhnya jika dia bekerja untuk kedua orang tuanya dan kakeknya maka itu termasuk fisabilillah, dan jika ia bekerja untuk mencukupi dirinya sendiri, maka itu fisabilillah, dan jika ia bekerja untuk mencari kemegahan dan kemewahan maka dia berada di jalan syetan”.
 
Kerja itu wajib setelah yang fardhu dan sama dengan jihad, subhanallah. Bekerja merupakan suatu tugas yang mulia. yang akan membawa diri kita pada posisi terhormat dan bernilai ibadah di mata Allah SWT. (has/tit)



Berita Terkait