Berita Metro

Jumat, 11 Mei 2018  14:45

Ubaya Raih 5 Medali dan 2 Penghargaan dalam ON MIPA-PT

Ubaya Raih 5 Medali dan 2 Penghargaan dalam ON MIPA-PT
Membanggakan: 7 mahasiswa Ubaya mengukir prestasi membanggakan dalam ON MIPA-PT.
SURABAYA (BM) – Universitas Surabaya (Ubaya) mampu meraih lima medali dan dua penghargaan honorable mention dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Olimpiade yang diadakan pada 4-7 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menjadikan Ubaya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) satu-satunya di Indonesia yang berhasil meraih medali dan penghargaan.

Ubaya meraih kemenangan di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan sebagainya.
 
Total 7 kemenangan yang diraih oleh Ubaya, yaitu 1 medali emas dan 2 medali perunggu dalam bidang Kimia, serta 1 medali perak, 1 medali perunggu dan 2 penghargaan honorable mention dalam bidang Biologi. Para mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia yang berhasil meraih medali dalam bidang Kimia antara lain, medali emas oleh Alan Darmasaputra Tanuwijaya (2015), medali perunggu oleh Kevin Jayaatmaja (2016) dan Andika Prasetyo Santoso (2017).

Sedangkan mahasiswa Fakultas Teknik Teknobiologi yang berhasil meraih kemenangan dalam bidang Biologi adalah medali perak oleh Natasha Amanda (2014), medali perunggu oleh Calvin Wijaya Johan (2014), honorable mention oleh Clairine Nathania (2016) dan Velika (2015).

“Kemenangan ini benar-benar membanggakan. Bahkan untuk Perguruan Tinggi (PT) yang berasal dari Jawa Timur, perolehan kemenangan total Ubaya paling unggul yaitu 1 emas, 1 perak, 3 perunggu, dan 2 honorable mention,” kata Dosen Pembimbing bidang Matematika Hazrul Iswadi, Jumat (11/5).

Pria yang juga Koordinator Penalaran dan Beasiswa Dikti DPK Ubaya ini melanjutkan, proses yang dilewati oleh ketujuh mahasiswa ini memang tidak mudah. Terlebih dahulu mereka mengikuti seleksi Kopertis pada bulan Maret 2018, kemudian dinyatakan lolos ke babak selanjutnya dan mengikuti seleksi tingkat Nasional pada tanggal 4-7 Mei 2018 di UMM.

Hazrul menjelaskan, selain membanggakan, prestasi mahasiswa Ubaya kali ini juga memberikan rasa optimistis bagi universitas. “Kedepannya target kami dapat meraih medali dan penghargaan tidak hanya dari bidang Biologi dan Kimia, tetapi juga di bidang Matematika. Perolehan tahun ini sangat menginspirasi kami, bahwa terbukti mahasiswa Ubaya mampu bersaing dengan mahasiswa PT lain di lomba ON MIPA-PT, walaupun Ubaya tidak memiliki fakultas MIPA,” tuturnya.

Kevin Jayaatmaja, peraih medali perunggu bidang Kimia, menambahkan, persiapan dilakukan sejak awal bulan Februari lalu. Dari pihak universitas sendiri mengakomodasikan pelatihan dengan tutor-tutor yang berkompeten.

Terkait kendala yang dirasakan, mereka mengaku jika soal-soal yang diberikan terbilang tidak mudah. “Pertanyaan yang diberikan tidak bisa diprediksi. Tingkat kesulitannya juga tinggi karena perlombaan tingkat Nasional,” imbuh Velika, salah satu peraih penghargaan honorable mention dalan bidang Biologi. (sdp)



Berita Terkait