Berita Metro

Senin, 05 Maret 2018  16:00

Jalur SNMPTN, Keketatan Masuk Unair 1:17

Jalur SNMPTN, Keketatan Masuk Unair 1:17
Perkembangan SNMPTN: Rektor Unair Prof Moh. Nasih (kanan) saat menyampaikan perkembangan jumlah pendaftar SNMPTN.

SURABAYA (BM) - Pendaftaran jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ditutup, Selasa (6/3). Calon mahasiswa yang belum menentukan pilihan diimbau untuk segera melakukan pendaftaran. Apalagi, sejumlah program studi (prodi) di beberapa PTN pendaftarnya telah melebihi daya tampung.

Universitas Airlangga (Unair) misalnya. Prodi favorit seperti pendidikan dokter, ilmu komunikasi, hubungan internasional, kedokteran hewan, jumlah pendaftarnya melebihi pagu yang disediakan. Pagu pendidikan dokter untuk jalur SNMPTN di Unair adalah 66. Namun, peminatnya mencapai 1.370 orang. Pagu komunikasi hanya 33 dengan peminat 810. "Total pendaftar di Unair sampai pukul 13.00 WIB mencapai 25 ribu," kata Rektor Unair Prof Mohammad Nasih, Senin (5/3).


Dia mengatakan, secara keseluruhan kuota yang disediakan Unair untuk jalur SNMPTN sebanyak 1.544 kursi. Jadi, hitungan kasar sementara ini, keketatan masuk Unair pada jalur SNMPTN mencapai 1:17. Artinya, 1 kursi diperebutkan 17 calon mahasiswa. 


Nasih mengungkapkan, angka tersebut bisa berubah karena waktu pendaftaran belum ditutup. "Masih ada waktu satu setengah hari. Namanya pendaftaran tidak bayar saja, silakan segera daftar. Kalau nantinya tidak diterima SNMPTN, ya mencoba di SBMPTN. Kalau SBMPTN tidak diterima juga masih ada jalur mandiri," ungkapnya.


Menurut Nasih, dari 25 ribu pendaftar SNMPTN tersebut, 3.553 orang merupakan pendaftar beasiswa bidik misi. Jumlah itu melebihi kuota bidik misi yang diberi pusat kepada Unair. "Kemenristekdikti memberi jatah Unair 1.000 bidik misi. Nanti kami bagi kuotanya ke dua jalur penerimaan, yakni SNMPTN dan SBMPTN," katanya.


Terkait peluang diperpanjangnya waktu pendaftaran SNMPTN, Nasih mengaku belum menerima informasi dari pusat. "Kalau pendaftaran SNMPTN diperpanjang, angkanya tidak akan berubah signifikan," ujarnya.


Sementara di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) total pendaftar sampai Senin (5/3) pukul 15.30 WIB mencapai 21.907 dengan pendaftar bidik misi 7.185 orang. Prodi manajemen menjadi favorit dengan 2.428 pendaftar. Padahal kuota yang disediakan di jalur SNMPTN sebanyak 45 kursi. Disusul PGSD yang memiliki daya tampung 66 kursi dengan 1.693 pendaftar. "Itu data pendaftar SNMPTN Unesa tanggal 5 Maret pukul 15.30," kata Wakil Rektor I Unesa Yuni Sri Rahayu. (sdp/udi)




Berita Terkait