Berita Metro

Minggu, 25 Maret 2018  23:15

Laga Pertama Liga 1, Persebaya Tahan Persederu 1-0

Laga Pertama Liga 1, Persebaya Tahan Persederu 1-0
SURABAYA (BM) - Persebaya Surabaya mampu meraih poin penuh saat meladeni Perseru Serui dalam laga perdana kedua tim di Gojek Liga 1 2018, Minggu (25/3). Laga ini dimenangkan oleh Persebaya dengan skor akhir 1-0. 
 
Laga Persebaya vs Perseru Serui di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya tersebut sempat imbang di babak pertama. Bajol Ijo sulit menembus pertahanan disiplin Perseru Serui di babak pertama. 
 
Selama babak pertama laga ini, Persebaya sebenarnya rajin merangsek wilayah pertahanan Perseru Serui. Namun, barisan belakang Perseru mudah membaca variasi serangan tim Persebaya.
 
Kombinasi serangan Persebaya sempat berbuah peluang di menit 23. Oktafianus Fernando saat itu bergerak cepat masuk dari sisi kiri dan lepas dari kawalan pemain lawan, tapi tendangannya melebar ke sisi gawang. Kegagalan itu mengulangi sejumlah serangan Persebaya lainnya. 
 
Di sisi lain, Perseru Serui kerap merepotkan pertahanan Persebaya. Dengan kunci serangan ada pada Silvio Escobar, Perseru beberapa kali membuat pemain belakang Bajul Ijo harus bekerja keras. Meskipun demikian, sejumlah serangan Perseru belum mengancam gawang tuang rumah. 
 
Hingga babak pertama pertandingan Persebaya vs Perseru Serui berakhir, skor masih bertahan 0-0. Memasuki 10 menit awal babak kedua, Persebaya meningkatkan intensitas serangan. Satu peluang emas Persebaya sempat tercipta pada menit 52. Saat itu, Rishadi Fauzi masuk lewat sisi kiri kotak penalti Perseru dan mengumpan bola ke Irfan Jaya yang lepas dari kawalan. Sayangnya, bola sodokan Irfan masih melebar. 
 
Sundulan Pugliara juga sempat hampir berbuah gol pada menit 54. Tapi, tandukan Pugliara belum meluncur tajam untuk membobol gawang Perseru. Setelah itu, Persebaya sempat mengepung kotak penalti Perseru, tapi tuan rumah belum juga mendapatkan poin.
 
Rishadi Fauzi juga mendapatkan peluang emas, pada menit 59, setelah menerima umpan dari Pugliara. Rishadi berhasil bebas di kotak penalti lawan. Tapi, tendangan Rishadi justru melambung sebab tiga pemain Perseru menganggu pergerakannya di kotak penalti. 
 
Persebaya akhirnya memasukkan Ferinando Pahabol pada menit 65 untuk mempertajam barisan depan. Pahabol mengggantikan Irfan Jaya. Tiga menit berselang, giliran Perseru Serui memasukkan pemain belakang Yamashita untuk mengganti bek Indra Permana. 
 
Tak lama kemudian kebuntuan skor terpecah. Keunggulan Persebaya dicetak oleh Robertino Pugliara pada menit 69. Pugliara yang merangsek ke depan memanfaatkan bola pantulan dari pemain lawan dan berhasil melewati hadangan Yamashita. Dia kemudian melepas tendangan yang membobol gawang Perseru Serui. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Persebaya Surabaya. Hingga akhir laga, skor akhir pertandingan Persebaya vs Perseru adalah 1-0.
 
Sementara itu, dua gol Arema yang membobol gawang Mitra Kukar yang dikawal YooJae Hoon, masing-masing dilesakkan oleh Balsa Bozovic pada menit ke-7 dan Syaiful Indra pada menit ke-19 pada laga pembuka Liga 1. Sedangkan dua gol balasan Mitra Kukar, masing-masing dipersembahkan oleh Fernando Rodriguez pada menit ke-80 dan menit ke-87. Hingga 45 menit babak kedua berakhir, skor tetap 2-2. 
 
Di tempat terpisah, Persela Lamongan yang berambisi mencuri satu poin di kandang Persipura Jayapura di laga lanjutan kompetisi Liga 1 2018 yang digelar di Stadion Mandala Jayapura, Sabtu (24/3) tidak terwujud.
 
Bermain dihadapan ribuan supporter Persipura. Anak asuh Aji Santoso itu kalah 1-2 oleh tuan rumah. Gol Persipura dicetak oleh Boaz Salossa menit ke 28, dan 75. Sedangkan gol balasan Persela diciptakan oleh Muhammad Fahmi Al-Ayyubi di menit ke 60. (ds/nt/udi)
 
 
Jadwal Liga 1 2018:
 
Senin, 26 Maret 2018
15.30 WIB Borneo FC vs Sriwijaya FC
16.00 WIB Persib Bandung vs PS TIRA
18.30 WIB Madura United vs PS Barito Putera
 
Jumat, 30 Maret 2018
15.30 WIB PSMS vs Bhayangkara
18.30 WIB Barito Putera vs Persipura
 
Sabtu, 31 Maret 2018
13.30 WIB Perseru Serui vs PSM
15.30 WIB Persela Lamongan vs Persebaya Surabaya
18.30 WIB Persija Jakarta vs Arema Malang
 



Berita Terkait