Berita Metro

Sabtu, 01 April 2018  22:34

KONI Jatim Andalkan Cabor Terukur

KONI Jatim Andalkan Cabor Terukur
SURABAYA (BM) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur akan menjadikan tumpuan dalam perolehan medali emas cabang olah raga (cabor) terukur pada Pekan Olah raga Nasional (PON) ke-20 Papua 2020 mendatang.
 
Cabor terukur andalan KONI Jatim yang dianggap mampu mendulang medali emas tersebut diantaranya, panahan, menembak, atletik, renang dan selam.
 
Menurut Ketua Harian KONI Jatim, M Nabil, menempatkan cabor terukur menjadi tumpuan dalam meraih emas PON Papua nantinya, bukan tanpa alasan. Karena acuan ini didasarkan pada prestasi dan tren pada kejuaraan-kejuaraan yang diikuti.
 
“Cabor akuatik, renang menjadi tumpuan utama Jatim dalam perebutan medali emas, karena memiliki nomor perlombaan terbanyak. Terlebih, lahir perenang muda yang baru saja memecahkan rekor nasional di Singapore National Age Group, Adinda Larasati Dewi dan Nurul Fajar Fitriyati,” katanya.
 
Hal ini, lanjut Nabil, seperti masa keemasan renang Jatim setelah lost generation pada PON 2012. “Dan mungkin poros latihan renang nanti diadakan di Australia. Kami masih mengusahakan kerjasama dengan pihak sana,” terangnya.  
 
Dipilihnya cabor terukur bertujuan untuk menghindari dari praktek kecurangan yang bisa saja terjadi di ajang empat tahunan tersebut. Sebab, kemenangan cabor tersebut ditentukan skor, poin, atau waktu. Bukan dominasi wasit atau juri.
 
“Supaya berjalan sesuai harapan, KONI Jatim mengadakan tes fisik tiap bulan sebagai monitor. Sebab ada standarisasi atlet Puslatda sebagai salah satu langkah penerapan sport science, selain tentunya, mengecek prestasi atlet dari tiap kejuaraan yang diikuti,” pungkas Nabil. (har/udi)   
 



Berita Terkait