Berita Metro

Senin, 19 Februari 2018  23:29

128 Klub Ikuti Piala Indonesia 2018

128 Klub Ikuti Piala Indonesia 2018
PSSI siap menggelar kompetisi Piala Indonesia sebagai ajang pemanasan persiapan Asian Games

Jakarta(BM)- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) merencanakan kompetisi Piala Indonesia bergulir mulai 7 April 2018 mendatang. “PSSI menyambut gembira menyambut Piala Indonesia ini, karena akhirnya kompetisi nasional sudah lengkap dengan adanya liga dan ‘cup’, sama seperti negara lainnya,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, Senin.

 

Ratu menuturkan, turnamen tersebut akan diikuti 128 klub peserta dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 pada musim 2017. Namun dari 128 klub tersebut, baru 74 tim yang mengirimkan kembali formulir keikutsertaan sebagai tanda partisipasi.“Sisanya masih menunggu sampai minggu depan,” papar Ratu.

Dalam helatan Piala Indonesia ini, PSSI juga sudah mengirimkan surat resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) agar kelak juara Piala Indonesia bisa mewakili Indonesia di Piala AFC. Sementara perihal jumlah peserta Piala Indonesia yang 128 tim, Ratu menegaskan hal itu masih bisa bertambah untuk penyelenggaran setelah tahun 2018.

“Saat ini 128 tim dahulu. Setelah Piala Indonesia 2018 selesai akan kami kaji kembali apakah waktu penyelenggaraan bisa lebih panjang sehingga tim peserta bisa lebih banyak. Semangat kami adalah ini turnamen di mana semua klub dan pemain di Indonesia bisa berkompetisi,” terangnya.

Piala Indonesia sendiri awalnya digelar pada tahun 2005 dengan Arema Malang keluar sebagai juara usai menaklukkan Persija Jakarta di final. Kompetisi ini terakhir kali digelar pada 2012 dengan Persibo Bojonegoro sebagai kampiunnya.


Selain itu juga akan digelar pertandingan persahabatan internasional resmi FIFA menghadapi Singapura dan Filipina melawan timnas Indonesia. Laga tersebut akan berlangsung masing-masing pada 21 Maret dan 25 Maret 2018. Kedua laga itu dilalui Timnas Indonesia dengan status partai tandang. Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan pertandingan itu merupakan bagian dari persiapan tim nasional menuju Asian Games 2018. “Labelnya memang timnas senior, tetapi ini dalam misi menuju Asian Games 2018,” ujar Joko di Jakarta. Seperti diketahui, di Asian Games 2018 setiap tim nasional sepak bola putra harus diperkuat pemain U-23, tetapi dipersilakan menggunakan jasa paling banyak tiga pesepakbola senior.Berdasarkan data terkini, Indonesia berada di posisi 160 FIFA, sementara Singapura di posisi 173. Filipina sendiri berada cukup jauh di atas kedua negara tersebut dengan bertengger di peringkat 123.

 

Setelah pertandingan persahabatan FIFA tersebut, Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018 dijadwalkan bertanding di turnamen internasional yang digelar PSSI, “Anniversary Cup” pada 27 April-6 Mei 2018. Kejuaraan itu diikuti oleh empat negara termasuk Indonesia. Negara lain yang sudah memastikan ikut berpartisipasi yaitu Malaysia dan Bahrain, sementara sisanya sedang dalam konfirmasi.(nas/dra)




Berita Terkait