Berita Metro

Jumat, 06 April 2018  19:27

Sidoarjo Menuju Kabupaten UKS/Paripurna

Sidoarjo Menuju Kabupaten UKS/Paripurna
Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH saat membuka gebyar UKS/M.

SIDOARJO (BM) - Gebyar UKS/M (Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah) yang digelar di alun-alun Sidoarjo berlangsung meriah. Para pelajar tingkat TK sampai SMA ikut terlibat dalam kegiatan yang digelar Tim Pembina UKS Sidoarjo, Kamis (5/4). Hal ini merupakan wujud komitmen bahwa Kabupaten Sidoarjo siap Menuju Kabupaten UKS/M Paripurna, karena Kabupaten Sidoarjo menjadi Kabupaten percontohan UKS/M tingkat nasional.

Gebyar UKS/M ini dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH. yang diawali dengan senam UKS bersama 3.000 siswa se-Kabupaten Sidoarjo, yang dilanjutkan dengan perilaku hidup sehat berupa gerakan cuci tangan, gosok gigi dan makan buah bersama serta minum tablet FE (penambah darah) oleh pelajar SMA/MA.

Ketua Sektap (Sekretariat Tetap) TP-UKS Kabupaten Sidoarjo Hadi Mulyanto mengatakan bahwa Kabupaten Sidoarjo yang telah mencapai kabupaten UKS/M paripurna tidak lepas dari komitmen yang kuat dan dukungan semua pihak untuk pelaksanaan UKS/M di Kabupaten Sidoarjo.

"Agar semakin menguatkan komitmen bersama dilaksanakan pembacaan ikrar UKS oleh para pelajar dari SMKN3 Buduran, dan dari elemen masyarakat,"ungkapnya.Kegiatan ini dilanjutkan  dengan penandatangan MoU oleh Ketua Harian TP UKS/M Kabupaten Sidoarjo Dr. Heri Soesanto, SH, MH, Unit Manajer PT. Sinar Sosro Sidoarjo, Ifrin Razaq, Pimpinan Bank Jatim Cabang Sidoarjo, Hariyani, Direktur Utama PT. BPR Delta Artha, Sofia Nurkrisnajati Atmojo,  dan Wakil Bupati Sidoarjo. Dalam Nota kesepakatan ini berisi  kepahaman bersama dalam upaya membangun anak bangsa yang cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menuju Indonesia sehat.

Selain itu juga diserahkan penghargaan kepada Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Nasional sekolah di Kabupaten Sidoarjo yang telah berhasil menjadi juara di tingkat nasional, diantaranya SMPN 4 Sidoarjo yang menjadi juara 1 LLSS tahun 2014, SMKN 3 Buduran juara 2 LLSS tahun 2016, SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Juara 3 LLSS tahun 2017, dan SD Hang Tuah 10 sedati –Juanda juara LLSS percontohan Tingkat nasional tahun 2011. Masing – masing juara mendapat piagam dan trophy dari BPR Delta Artha dan tabungan dari Bank Jatim.

Wakil Bupati Sidoarjo  yang hadir bersama dengan Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Ketua Tim Pembina UKS Provinsi Jawa Timur, Eyang Santo, Ketua Tim Pembina UKS/M Kab/ Kota se Jawa Timur, Kepala Bank Jatim Cabang Sidoarjo dan Kepala BPR Delta Artha Sidoarjo Menyambut baik dan bangga dengan terlaksananya gebyar UKS/M di Kabupaten Sidoarjo. Mulai tahun 2012 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah memiliki Grand design UKS, yaitu dokumen perencanaan pembangunan UKS di Kabupaten Sidoarjo yang disusun sebagai dasar penentu kebijakan kegiatan UKS. Hal inilah yang menjadi cikal bakal Kabupaten Sidoarjo dalam mewujudkan UKS/M Paripurna.“Kabupaten Sidoarjo ini merupakan satu – satunya kabupaten UKS yang paripurna di Indonesia,” ungkapnya bangga. (Adv/cls)




Berita Terkait