Berita Metro

Kamis, 07 Januari 2018  17:11

Sehari, Ditemukan Dua Bayi Baru Dilahirkan

Sehari, Ditemukan Dua Bayi Baru Dilahirkan
SIDOARJO (BM) - Dalam sehari, dua bayi yang baru lahir ditemukan warga di dua tempat berbeda, Minggu (7/1). Penemuan dua bayi itu menambah jumlah Kasus pembuangan bayi di Kabupaten Sidoarjo.
 
Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan warga di warung Jantran atau punden tengah sawah Dusun Pejantran, Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon. Bayi lainnya berjenis kelamin laki-laki ditemukan di balai pertemuan petani di Dusun Bale Panjang, Desa Ganggang panjang, Kecamatan  Tanggulangin. Kondisi kedua bayi tersebut dalam kondisi sehat. 
 
Sudibyo (58), warga Kecamatan Tarik, orang pertama yang mendengar tangisan bayi saat dirinya melintas di jalan Dusun Pejantran, Desa Wonoplintahan, Kecamatan Prambon. Secara kebetulan, Sugeng Waluyo (55), warga Pejantran yang saat itu sedang jalan pagi dipanggil Sudibyo untuk bersama memeriksa asal tangis bayi tersebut. Keduanya kaget saat mendapati ada bayi yang terlihat mulai dikerubuti semut dan di sampingnya ada botol susu.
 
Bayi tersebut langsung digendong Sugeng Waluyo dan dibawa ke Bidan Eni Sulistyowati dan selanjutnya oleh bidan desa, bayi tersebut dibawa ke Puskesmas Prambon. Temuan bayi itu juga ditindaklanjuti lapor ke Polsek Prambon. "Saya kaget mendengar  suara tangisan di punden, setelah saya dekati, ternyata bayi. kita berdua  langsung membawa bayi itu ke bidan Eni," kata Sudibyo.
 
Kapolsek Prambon AKP Isharyata dalam keterangannya menyebutkan, bayi berjenis kelamin perempuan ini diperkirakan baru dilahirkan sekitar 3 hari.  Kasus ini masih diselidiki dengan mengorek keterangan saksi dan lainnya. Dugaan sementara proses persalinan bayi di bantu oleh bidan, karena ada barang-barang yang biasa di pakai bidan untuk membantu persalinan.
 
Sementara itu Bayi berjenis kelamin laki-laki yang ditempatkan dalam kardus bersama empat ekor kucing ditemukan warga di Paseban (Balai Tani) Dusun Bale panjang, Desa Ganggang Panjang RT 01 RW 01 Kec Tanggulangin, Minggu (7/1).
 
Saat itu, M Sodikul Amin (51) yang hendak buang air di sekitar balai mengurungkan niatnya tatkala melihat sebuah kardus yang tergeletak di area balai. Betapa kagetnya dia saat mengetahui kardus tersebut berisi bayi yang masih merah bersama 4 ekor anak kucing.
 
Kapolsek Tanggulangin, Kompol Sirdi mengatakan, saat ini bayi yang diperkirakan berumur lebih dari 2 hari dengan berat 1,6 Kg tersebut dalam keadaan sehat dan dalam perawatan di RSUD Sidoarjo. "Untuk bayi itu sendiri tidak tampak jelas jika ada luka. Saat ditemukan oleh warga keadaannya sempat membiru. Namun, sebelum dibawah ke RSUD Sidoarjo sudah ada penanganan awal oleh bidan di sekitar TKP," katanya. (cls/med/udi) 
 



Berita Terkait