Berita Metro

Sabtu, 10 Agustus 2019  17:01

Polres Probolinggo Gagalkan Penggelapan Rokok Rp 1,5 Miliar

Polres Probolinggo Gagalkan Penggelapan Rokok Rp 1,5 Miliar
Kapolres Probolinggo saat melihat mobil box yang di buang. (BM/Saifullah)
PROBOLINGGO (BM) - Polres Probolinggo berhasil gagalkan penggelapan rokok dengan kerugian mencapai 1,5 Miliar Rupiah milik PT Gudang Garam Tbk Paiton.
 
Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto membeberkan, kalau rokok yang diangkut menggunakan Mobil Box Nopol N-8277-BC dari Gudang Garam Paiton, rencananya akan di kirim ke Gudang Pos Kota Probolinggo. Namun dialihkan ke daerah Maron oleh Erik Syahroni (28) yang tak lain merupakan sopir mobil Box.
 
Selain itu, oleh tersangka barang tersebut dikeluarkan tanpa sepengetahuan pihak Perusahaan dengan cara merusak Gembok mengunakan alat Gerenda Potong di Desa Satrean Maron. 
 
"Erik ini memang sopirnya. Tersangka ini menjual sebagian kecil isi barang dan sebagian besar disimpan di rumah kontrakannya di daerah Kota Probolinggo,"jelas Eddwi, Sabtu (10/8) siang.
 
Setelah isi didalam Mobil Box terkuras habis lanjut Eddwi, selanjutnya oleh tersangka mobil di buang di Jalan Raya Leces. "Mobil itu dibuang begitu saja di dekat  Tol Leces dan orangnya pergi,"jelasnya.
 
Dalam aksinya, tersangka tidak sendirian. Melainkan dibantu oleh kedua temannya yaitu Fatoni (27) warga Desa Brani Kulon Kecamatan Maron dan Rosidatul Iman (34) warga Kelurahan Mangunharjo Mayangan Kota Probolinggo.
 
"Fatoni yang membantu ketika di Maron dan Rosi membantu di rumah kontrakannya," jelas mantan Kabag Ops Polrestabes Surabaya ini.
 
Akibat perbuatannya itu, ketiga tersangka dijerat dengan pasal 378 dan 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. "Ketiganya mendapat ancaman hukuman 4 tahun penjara,"pungkasnya. (sip)



Berita Terkait