Berita Metro

Senin, 17 Juli 2017  20:31

KNKT Analisa Ulang Kecelakaan Maut di Probolinggo

KNKT Analisa Ulang Kecelakaan Maut di Probolinggo
PROBOLINGGO (BM) - Pasca peristiwa kecelakaan maut akibat serempetan di jalur Pantura Desa Curah Sawo Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, dinas perhubungan (dishub) setempat memangkas sejumlah ranting pohon di beberapa titik.

Bahkan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga melakukan analisa ulang di lokasi laka lantas yang menewaskan 10 orang antara Bus Medali Mas dan truk pengangkut pakan ternak itu.

Pemangkasan ranting pohon difokuskan pada titik jalur pantura dan diutamakan di Jalan Raya Pantai Bentar, Senin (17/7).
Pantauan di lapangan, ranting pohon yang dianggap mengganggu pemandangan pengguna jalan, dipotong dengan cara manual serta menurunkan Truk PJU.

Hasilnya, ranting pohon yang awalnya menghalangi pemandangan di depan pengguna jalan, kini sudah mulai bersih.

Kepala Bidang Manajemen Keselamatan Transportasi pada Dinas Pehubungan Kabupaten Probolinggo, Hari Pribadi menyatakan, pemangkasan sejumlah ranting pohon hanya untuk membantu Dishub Propinsi saja. "Kami (Dinas Perhubungan Kabupaten) hanya membantu. Khawatir, ranting di pohon inilah yang menjadi kendala awal laka lantas," jelas Hari Pribadi.

KNKT sendiri mendapati, jalan di lokasi Laka lantas itu tidak sesuai dengan standar jalan nasional menyangkut kelebarannya. Itu ditemukan setelah melakukan anasila melalu alat drone.

Ketua Tim Investigasi Keselamatan KNKT, laka Bentar, Dwi Bakti Permana menyatakan, sejauh ini pihaknya juga melakukan analisa di lokasi kejadian serta mengukur kelebaran jalan. "Hasil dari investigasi ini, nantinya diserahkan pada dinas bersangkutan," tandasnya. (sip/udi)



Berita Terkait