Berita Metro

Jumat, 26 Juli 2019  20:12

Terkait Sampah, Gubernur Jawa Timur Akan Gandeng ITS

Terkait Sampah, Gubernur Jawa Timur Akan Gandeng ITS
SURABAYA (BM) - Sampah merupakan persoalan atau problem nasional yang masih terus akan dicari solusinya. Karena itulah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berencana mengajak kerja sama dengan ITS dalam hal pengelolaan sampah. 

"Untuk energi non fosil kita memang sedang menggalakan, bahkan ada banyak yang saya minta untuk berinvest dan ini mungkin tidak terlalu besar, tetapi kita butuh di banyak titik," ungkap Khofifah setelah mengikuti Sidang Paripurna di DPRD Jatim Jl. Indrapura 1 Surabaya, Jumat (26/7)  
 
Lanjutnya, sampah harus dipisahkan sesuai dengan katagorinya, apakah sampah basah atau sampah plastik. "Makanya ketika kemarin ada tamu dari Menteri Perumahan Malaysia, karena di sana plastik atau sampah yang sudah dibersihkan kemudian bisa diekspor 100% produknya, jadi apa yang bisa memberikan nilai tambah dan dampak lingkungan yang positif dan itu yang harus kita kembangkan. Ternyata hal tersebut tidak mahal dan teknologinya tidak ruwet. Jadi mungkin kita akan berkordinasi dengan ITS," terangnya. 

Ketika di Mojokerto, sepakat bahwa sampah plastik jadi energi listrik adalah kerja sama dengan ITS. Jika ITS menyiapkan maka akan lebih mudah diakses, Kalau ada spare part yang diganti maka lebih mudah dan lebih cepat, dan insha Allah kemampuan ITS cukup untuk bisa memberikan support bagaimana cara mengatasi masalah sampah, dan kemudian bis amenjaid listrik.  Sampah plastik ini adalah problem nasional. Jika ini nanti bisa diproses, menjadi listrik maka nila tambah akna berlipat. (Era)



Berita Terkait