Berita Metro

Jumat, 26 Juli 2019  18:47

Terkait BUMD, Komisi C Berupaya Tingkatkan Perannya

Terkait BUMD, Komisi C Berupaya Tingkatkan Perannya
SURABAYA (BM) - Sidang Paripurna digelar rutin di Gedung DPRD Jawa Timur jl Indrapura no 1 Surabaya. Kali ini, sidang yang digelar pada hari Jum'at (26/7) siang tersebut dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, walaupun awalnya diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahyono.

Salah satu agenda yang dibahas adalah Laporan Pimpinan Komisi C DPRD Jawa Timur Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Tentang Badan Usaha Milik Daerah.  Dalam kesempatan tersebut Juru Bicara Komisi C adalah Giyanto, mewakili Ketua Hj. Anik Maslachah, S.Pd, MSi.

"BUMD sebagai salah satu instrumen kebijakan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat pada hakekatnya telah menuntut kita lebih mengoptimalkan peran dan fungsinya untuk menjadi penggerak perekonomian daerah dan sumber pendapatan asli daerah. Mengingat betapa strategisnya kedudukan BUMD sebagai penunjang bagi pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan maka Komisi C sebagai alat kelengkapan DPRD yang membidangi BUMD selalu berupaya agar dapat lebih ditingkatkan perannya secara maksimal," ungkap Giyanto.

Lanjutnya, realistis dalam pengelolaan BUMD selalu menjadi pencermatan Komisi C dengan senantiasa mendasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan dan berbagai referensi yang akuntabel. Begitu juga dalam pembahasan Raperda tentang BUMD bahwa guna menyelaraskan materi muatan Raperda dengan berbagai ketentuan regulasi maka Komisi C telah melakukan kunjungan konsultasi ke KEmentrian Dalam Negeri maupun studi banding ke provinsi lain. (Era) 

 



Berita Terkait