Berita Metro

Rabu, 13 Maret 2019  17:07

Keindahan Taman Bawah Laut di Sekitar PLTU Paiton

Keindahan Taman Bawah Laut di Sekitar PLTU Paiton
SURABAYA (BM) - Peran media memang sangat penting dalam menyebarkan informasi bagi masyarakat. Seperti halnya digelarnya Lomba Karya Tulis dan Photo Jurnalistik Sektor ESDM yang merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada insan pers. 


"Oleh Gubernur sebelumnya, saya ditugasi untuk mengelolah dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan secepat-cepatnya sehingga bermanfaat untuk masyarakat. Karena itu semakin hari saya yakin semakin baik. Dan saya tidak perlu penghargaan dari siapapun, tapi yag penting masyarakat sekarang menyatakan bahwa ESDM semakin baik. Masyarakat sudah berterima kasih kepada kami dan dinas sudah bersyukur," ungkap Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Setiajit dalam acara 'Coffee Morning'
bersama Stake Holder Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur dan Penyerahan Penghargaan Lomba Karya Tulis dan Photo Jurnalistik Sektor ESDM, Rabu (13/3). 

Setiajit juga mengungkapkan keinginannya pada semua media untuk mengontrolnya setiap hari agar pengelolaan SDM di Jawa Timur semakin baik. Dinas ESDM disamping pengelolaan pertambangan dan energi yang bermanfaat untuk rakyat, semakin tidak ada polutan. Masyarakat diharapkan meninggalkan energi yang berasal dari fosil. "Misalnya PJB yang ada di Paiton, dulu diprotes habis-habisan bahkan masyarakat tidak suka dengan kehadiran PJB di situ. Lalu ternyata, air yang digunakan oleh pembangkitan ketika dikembalikan ke laut akan semakin jernih. Sekarang sudah terumbu karang, dikelola oleh PJB ada ratusan hektar. PJB tidak merusak lingkungan atau menambah polutan," terang Setiajit. 

Sementara itu, Direktur Operasi I PT Pembangkit Jawa-Bali (PJBSugiyanto juga mengatakan bahwa Jawa Timur adalah produsen listrik yang mampu mengekpor ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI dan juga di Bali. Bahkan hampir separoh listrik di Bali adalah disupllai dari Jawa Timur. 

"Kami berusaha untuk memberikan retribusi terhadap upaya-upaya pemerintah terhadap masyarakat. Salah satunya yaitu dengan mengembangkan pembangkit-pembangkit listrik baru. Kami sebagai pemanfaat gas terbesar disamping Petrokimia dan juga industri-industri lain di Jatim, Madura dan sebagian Bali," ungkap Sugiyanto.  

Terkait dengan diselenggarakannya acara ini, yaitu diharapkan ada komunikasi positif yang terbentuk. "Karena PLTU Paiton Problolinggo dikelola dengan baik maka terumbu karang yang ada di sekitar PLTU  bukannya rusak tapi malah menjadi tempat destinasi wisata baru. Bagi siapapun yang suka menyelam bisa melihat sekitar 3-4 hektar terumbu karang, keindahan tidak dengan Bunaken, hanya sekitar 600 meter dari PLTU."

Adanya terumbu karang yang cantik sekaligus membantah bahwa PLTU  merusak lingkungan. Jadi hanya sekitar  600 meter dari PLTU Paiton, bisa menikmati Taman Bawah Laut yaitu terumbu karang yang indah dan cantik. Hal ini merupakan bentuk komitmen menjaga lingkungan. Lingkungan di sekitar PLTU PAiton tidak rusak. Namun justru malah menjadi destinasi wisata.

Mengenai lomba karya tulis dan foto jurnalistik, berikut adalah nama-nama pemenangnya untuk katagori Karya Tulis Zainal Ibad/Harian Bhirawa (Juara I), Agung Kusdiyanto/Koran Global News (Juara II), Mujib Anwar/Harian Surya (Juara III), Titis Tri Wahyanti/Harian Bhirawa (Juara Harapan I), Fiqih Arfani/LKBN Antara (Harapan II) dan Aan Haryono/SINDOnews.com (Juara Harapan III).

Sedangkan untuk pemenang Katagori Photo adalah Ramada Kusuma Atmaja/Radar Banyuwangi (Juara I), Dwi Setiawan/Radar Tuban (Juara II), Adi Wiratno/Tabloid NYATA (Juara Harapan I), Purna Budi Nugraha/Kabarbisnis.com (Juara Harapan II) dan Slamet/Jawa Pos (Juara Harapan III).

Berikut adalah Stake Holder ESDM Provinsi Jawa Timur yang mendukung sebagai donator dan berpartisipasi memberikan hadiah bagi para pemenang.:

1)    PT. Bumi Suksesindo (1 umroh)

2)    PT. Antam, Tbk (1 Umroh)

3)    PT. Pertamina, persero (2 sepeda motor)

4)    PT. Smelting (1 Sepeda motor)

5)    APATINDO (2 laptop)

6)    PT. Gunung Bale (3 smartphone)

7)    PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (2 smartphone)

8)    PT. Batu Kali Welang Ampuh (2 smartphone)

9)    PT. Kimia Farma (1 Televisi)(Era)

 



Berita Terkait