Berita Metro

Rabu, 10 Januari 2018  23:33

Penyandang Eks Psikotik Curhat ke Istri Wagub Jatim dan Bupa

Penyandang Eks Psikotik Curhat ke Istri Wagub Jatim dan Bupa
PASURUAN (BM) – Pertemuan dengan istri Wagub Jatim dan Bupati Pasuruan, dimanfaatkan para penyandang eks psikotik untuk curhat. Puluhan Mereka mengaku bekas penyandang penyakit jiwa binaan UPT Rehabilitasi Sosial Bina Laras Pasuruan itu mengaku ingin berkumpul kembali dengan keluarganya setelah tak merasa gila.
 
Curhatan mereka disampaikan dalam sebuah puisi berjudul "Kerinduanku" yang dibacakan Sumiati (54), salah satu penyandang eks psikotik di hadapan Ny Fatma, kemudian Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, dan undangan lainnya, Selasa (9/1).
 
Dengan sangat lantangnya, Sumiati mensyairkan satu demi satu kata-kata puisi dengan penuh penghayatan. Bahkan, sesekali dirinya tak kuasa menahan air mata, saking rindunya dengan keluarga yang meninggalkannya.
 
Mendengar puisi yang dibacakan Sumiati, sontak saja membuat terharu seluruh undangan, tak terkecuali Ny Fatma dan Ny Lulis. Setelah puisi selesai dibacakan, keduanya langsung memeluk Sumiati sembari menguatkan mental dan hatinya agar segera bisa bertemu dengan keluarganya.
 
Menurut Fatma, BKOW memiliki program yang berhubungan dengan upaya mendukung langkah Pemprov Jatim dalam mengentaskan orang gila (orgil) atau populer dengan sebutan eks psikotik. Salah satunya melalui bhakti sosial.
 
Sementara itu, Sukardi selaku Kepala UPT Rehsos Bina Laras Pasuruan menjelaskan, jumlah penyandang eks psikotik yang dibina sebanyak 254 yang terbagi menjadi 161 laki-laki dan 93 perempuan. Dari jumlah tersebut, 200 penyandang ditempatkan di Pasuruan, sedangkan 54 penyandang dibina di Banyuwangi. (pas/udi)
 



Berita Terkait