Berita Metro

Selasa, 13 Maret 2018  20:23

Pemkab Apresiasi Perusahaan Swasta Peduli Lingkungan

Pemkab Apresiasi Perusahaan Swasta Peduli Lingkungan
Salah satu penghijauan yang dilakukan perusahaan swasta bersama pemkab, Perhutan dan sejumlah pecinta lingkungan

 

Pasuruan(BM)-Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengapresiasi perusahaan yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan, khususnya penyelamatan kawasan hutan lindung. Seperti yang dilakukan PT Tirta Investama Pandaan di Dusun Gute’an, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Selasa (13/3). Perusahaan yang mengelola air minum tersebut melakukan Closing Program Konservasi 2017 bersama Yayasan Satu Daun, Perhutani, Pemkab Pasuruan, KPH Pasuruan dan Komunitas Sahabat Alam.

Hadir dalam acara itu diantaranya Kepala Pabrik PT Tirta Investama Pandaan, Aditya Lukmansyah, Ketua Yayasan Satu Daun, Diyono Yusuf, Camat Prigen, Mujiono, Rusnadi perwakilan Perhutani, dan ratusan pegiat lingkungan hingga warga sekitar.

Menurut Aditya, perusahaan yang dipimpinnya memiliki program SCR (Cooperate Socisl Responsibility) yang focus pada penyelamatan lingkungan, seperti penanaman 30.000 bibit pohon di Desa Dayurejo, Jatiarjo dan Ledug, Kecamatan Prigen, pembangunan warung camilan gunung, pengadaan alat ukur hujan, budidaya tanaman endemic, dan kegiatan penyelamatan lingkungan lainnya.

“Kita juga mengajak warga untuk sama-sama membuat 500 biopori hingga penyelamatan kawasan sumber supitan. Ini adalah bagian dari tanggung jawab sosial kami kepada masyarakat,” kata Aditya.

Ditambahkannya, seluruh kegiatan penyelamatan lingkungan tak hanya dilakukan di internal saja, melainkan juga melalui gerakan kampanye secara kelompok dan organisasi kecil maupun besar, serta mendorong kebijakan Pemerintah daerah maupun pusat yang mengarah untuk penyelamatan lingkungan.

“Semangat ini harus terus dijaga demi keberlangsungan hidup kita sendiri. Dan yang terpenting semua kegiatan dapat diketahui oleh masyarakat luas,” beber Aditya. Ditutupnya program konservasi tahun 2017, Aditya berharap agar masyarakat dapat turut aktif memberikan pemahaman untuk membudayakan kesadaran lingkungan kepada masyarakat luas, serta nantinya dilanjutkan dengan aksi nyata penyelamatan lingkungan.

“Minimal penanaman pohon di lokasi yang populasi hijaunya meurun. Kita ingin masyarakat tumbuh motivasi untuk lebih peduli terhadap lingkungan,” pungkasnya. Sementara itu, Camat Prigen, Mujiono berterima kasih kepada PT Tirta Investama Pandaan, Yayasan Satu Daun yang telah membantu Pemkab Pasuruan dalam upaya menyelamatkan lingkungan. “Daerah Prigen ini kawasan pegunungan, sehingga populasi pohon harus terus bertambah. Bila semakin banyak pihak luar yang ikut membanu, maka itu sangat menggembirakan bagi kami,”ujrnya.(pas/dra) 



Berita Terkait