Berita Metro

Jumat, 16 Maret 2018  19:36

Hindari Calo, Kejari Terapkan E-Tilang

Hindari Calo, Kejari Terapkan E-Tilang
Penerapan E-Tilang oleh Kejari Kabupaten Pasuruan untuk memudahkan pelanggar mengambil BB

Pasuruan(BM)-Banyaknya calo yang kerapkali terlihat saat pengambilan barang bukti tilang, membuat Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan membuat langkah baru. Saat ini Kejari Kabupaten Pasuruan menerapkan inovasi e-Tilang pada pelanggar lalu lintas.

Denny Wicaksono, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan mengatakan, dalam e-tilang, petugas tidak lagi menerima atau melayani pembayaran tunai bagi pelanggar lalu lintas yang hendak mengambil barang bukti tilang, melainkan cukup dengan membayar melalui BRI, bank yang ditunjuk sebagai partner dalam urusan pembayaran tilang.

“Kita bekerja sama dengan BRI Cabang Pasuruan, dimana BRI sendiri sudah menyediakan EDC atau mesin kartu debit yang sewaktu-waktu bisa digesek oleh pelanggar yang akan membayar tilang,” kata Denny di kantornya, Kamis (15/3). Pelanggar cukup menggesekan kartu ATM yang dimilikinya pada mesin EDC, kemudian menombol jumlah denda tilang yang tertera sesuai keputusan pengadilan. ATM yang digunakan oleh pelanggar bisa dari bank manapun yang nanti ditransfer ke rekening BRI atas nama Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan.

“Sekali lagi kami tegaskan bahwa para pelanggar lalu lintas tidak harus datang hari Jumat, tapi setiap Senin sampai Kamis bisa dan tentunya pada jam kerja. Kecuali hari Jumat hanya sampai pukul 1 siang saja,” ujarnya. Lebih lanjut Denny mengungkapakan dengan sistem seperti ini, semakin dimudahkan, lantaran dapat mengetahui secara langsung denda tilang yang sesuai putusan pengadilan.“Terpenting adalah masyarakat tidak lagi memakai jasa calo. Jadi tidak perlu bawa uang tunai serta lebih aman,”ujarnya.(pas/dra)




Berita Terkait