Berita Metro

Jumat, 06 April 2018  19:22

Dispora Lakukan Seleksi Paskibra

Dispora Lakukan Seleksi Paskibra
Para calon Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) Kabupaten Pasuruan mulai menjalani seleksi

Pasuruan (BM)–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pasuruan melakukan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra), Kamis (5/4). Sebanyak 150 pelajar diseleksi, disiapkan untuk Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-73, Agustus mendatang. Calon paskibra diuji kemampuan fisik, mulai PBB (Peraturan Baris Berbaris), sit up dan settle run di tengah terik matahari menyengat di depan GOR Raci, Kabupaten Pasuruan.

Heru Budi Sulistyo, Kabid Pemuda pada Dispora Kabupaten Pasuruan mengatakan, seorang paskibra harus memiliki ketahanan tubuh yang prima. Diungkapkan, pengibaran Sang Merah Putih baru dimulai pukul 10.00 WIB, sehingga dibutuhkan stamina kuat. “Kalau anggota Paskibra lemah dan tidak tahan banting, bisa-bisa jadi bahan tertawaan. Makanya kenapa ada seleksi seperti ini,” kata Heru.

Seleksi hari ini merupakan tahapan ketiga, dari tahapan awal pada Selasa (3/4) kemarin, yakni seleksi tinggi badan dan berat badan. Sedangkan, hari kedua seleksi bentuk tubuh. Dijelaskan, tinggi badan Paskibra putri minimal 165 cm dan putra 175 cm,  selain harus didukung dengan berat badan ideal. Hal lain, calon Paskibra harus memiliki bentuk kaki lurus, tidak membentuk huruf X atau O, tidak tremor atau gampang gemetaran, tidak bertato dan tidak cacat.

“Bahu juga harus lurus, mata tidak buta warna, tidak minus atau plus. Dan yang pasti harus memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bakat lain seperti seni dan budaya hingga wawasan kebangsaan. Itu adalah paket komplit yang harus dimiliki,” imbuhnya.

Ditambahkan Heru, jumlah pendaftar tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, mencapai 700 peserta. Jumlah tersebut, pihak panitia mengerucutkan lagi menjadi 400 peserta pada hari kedua, kemudian diperkecil lagi hingga 150 peserta. Saat ini, pihaknya bakal menyusutkan lagi hingga terpilih 76 orang paskibra terdiri dari 40 pria dan 36 perempuan.

Sementara itu, Intan Syafiana (16), salah satu peserta asal SMAN I Kejayan mengaku optimis terpilih menjadi Paskibra Kabupaten Pasuruan tahun ini. Ia memiliki tinggi 172 CM dan paras yang cantik, jadi modal untuk dapat dipilih. “Insya Allah saya terpilih, karena saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki,” ujarnya.(pas/adv



Berita Terkait