Berita Metro

Sabtu, 14 Mei 2017  19:42

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik
Belum seluruhnya harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan
Nganjuk (BM) - Meski Bulan Ramadhan masih dua pekan lagi, Namun harga kebutuhan pokok di sejumlah Pasar tradisional di wilayah Nganjuk sudah mulai mengalami kenaikan.Dibeberapa Pasar besar Tradisional, Seperti Pasar Berbek, Pasar Warujayeng, Pasar Sukomoro, Pasar Kertosono dan Pasar Wage Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Kenaikan harga kebutuhan pokok sudah terjadi dalam dua pekan terakhir.
 
Selain harga kulakan dari pengepul barang atau tengkulak mengalami kenaikan harga, Selain itu juga dipicu meningkatnya permintaan pembeli menjelang Bulan  Ramadhan yang selalu dijadikan alasan kenaikan harga kebutuhan pokok.Adapun sejumlah kebutuhan pokok yang sudah mengalami kenaikan harga dalam dua pekan terakhir antara lain, cabai besar dari harga 35 ribu per kilogram  naik menjadi 40 ribu per kilogram. Lalu cabai rawit yang semula harga 40 ribu per kilogram  menjadi  50 ribu per kilogram.
 
Sedangkan telur ayam dari harga 18 ribu menjadi 21 ribu per kilogram, Bawang Putih semula 30 ribu naik menjadi 42 ribu per kilogram, serta daging ayam yang sebelumnya 25 ribu  per kilogram menjadi 30 ribu rupiah.Menurut Warsito, Salahsatu pedagang Pasar Berbek mengatakan, Sejumlah kebutuhan pokok telah mengalami kenaikan harga, Namun ada juga kebutuhan pokok lainnya yang belum naik dan harga masih stabil. "Belum mengalami kenaikan yang berarti. Memang beberapa kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan harga, Akan tetapi ada juga sejumlah kebutuhan pokok yang harganya belum naik, Kalaupun naik tidak banyak,"ujar Warsito.
 
Beberapa kebutuhan pokok yang belum mengalami kenaikan harga, seperti Beras kualitas sedang masih di kasaran harga 8 ribu hingga 8.500 per kilogram. Bawang merah dengan harga 25 ribu hingga 26 ribu rupiah perkilogram. Dan daging sapi masih di kisaran harga100 ribu per kilogram." Kalaupun ada kenaikan, itu cuma 500 sampai 1000 rupiah,"terang Warsito.Namun hingga saat ini pemerintah belum melakukan operasi pasar guna mengantisipasi kenaikan harga, Agar masyarakat bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau
menjelang Ramadhan. (kam)



Berita Terkait