Berita Metro

Rabu, 07 Mei 2017  19:43

Banser dan HTI Nyaris Bentrok di Islamic Center

Banser dan HTI Nyaris Bentrok di Islamic Center
Dianggap tidak sesuai dengan Ideologi Panasila, ratusan Banser mendatangi acara pengajian HTI di Gedung Islamic Center Nganjuk.
Nganjuk(BM)-Dianggap tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, ratusan anggota Banser dan GP Ansor,  mendatangi  acara pengajian umum yang digelar oleh HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) di Gedung Islamic center Pondok Gontor, jalan KH Agus Salim Nganjuk, Minggu (7/5).
 
Kedatangan Banser dan Ansor di pengajian umum bertajuk 'Indahnya Berdakwah' yang dihadiri 250 jamaah HTI ini nyaris terjadi kericuhan dan menimbulkan konflik. Karena HTI Nganjuk tetap ngotot melakukan pengajian di Islamic center tersebut, padahal Kegiatan yang dilakukan HTI ini mendapat penolakan dari ormas lain, Karena Ideologi Khalifah HTI tidak sesuai dengan ideologi Pancasila. Akibatnya nyaris terjadi bentrok massal antara HTI dengan Banser.
 
Menurut Sokip, Korlap dari GP Ansor Kabupaten Nganjuk mengatakan bahwa, pihaknya berharap tidak sampai terjadi konflik antara HTI dengan ormas islam lainnya. "Kami tidak ingin terjadi benturan dan berujung konflik nantinya, Sebab bukan hanya di Nganjuk saja, akan tetapi di daerah lainnya juga ditolak kegiatan sejenis ini,"ujar Sokip.
 
Dijelaskan oleh sokip, dalam undang-undang, kegiatan seperti yang dilakukan oleh HTI semacam itu harus ada penanggung jawabnya. Namun dari ormas HTI tidak mampu memberikan. 
 
"Sehingga Banser berkewajiban untuk melakukan pelarangan agar konflik tidak terjadi," jelasnya. Banser dan GP Ansor akan menghalau bila tablig itu tetap digelar, guna mengamankan agar tidak sampai ada benturan dengan  ormas lain atau terlebih antar agama. "Kasihan kan warga Nganjuk bila terjadi konflik, Sehingga harus dicegah,"pungkas Sokip.(kam/dra)



Berita Terkait