Berita Metro

Jumat, 22 Desember 2017  20:09

Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Pembangunan

Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam Pembangunan
Upacara Peringatan Hari Ibu ke-89 dan Hari Bela Negara ke-69 Tahun 2017

Mojokerto(BM)-Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-89 serta Hari Bela Negara ke-69 Kabupaten Mojokerto tahun 2017, ditandai dengan upacara bersama dengan dipimpin bupati Mojokerto selaku inspektur upacara, Mustofa Kamal Pasa, Jumat (22/12) di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

 Dalam amanatnya, bupati menyebut perempuan dan laki-laki punya peran dan kedudukan setara, dalam mencapai tujuan Negara dan kesejahteraan pada semua bidang pembangunan. Dari sini juga, tema Peringatan Hari Ibu ke-89 tahun 2017 mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”.

 “Perempuan dan laki-laki setara dalam mencapai tujuan negara dan kesejahteraan di berbagai bidang pembangunan seperti pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan hukum. Keduanya juga punya akses dan peluang yang sama, sebagai sumberdaya pembangunan baik nasional jangka menengah, jangka panjang, maupun tujuan-tujuan berkelanjutan sampai tahun 2030,” jabar bupati.

Pada momentum Hari Bela Negara ke-69 tahun 2017, bupati tidak lupa mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan aksi nyata bela negara. Mengingat era teknologi informasi kini juga berpeluang membawa berbagai ancaman. “Ancaman terhadap kadaulatan negara dan keutuhan wilayah di era millennium, tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer. Sekarang sudah bersifat multidimensional dan berada di tiap lini kehidupan. Maka, aktualisasi cinta tanah air dan nasionalisme harus lebih kita tingkatkan,” tambahnya.

Dalam upacara ini juga diserahkan berbagai penghargaan yang diserahkan langsung oleh bupati didampingi istri, Ikfina Kamal Pasa, wakil bupati Mojokerto, Pungkasiadi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Herry Soewito, yang didampingi istri masing-masing. Beberapa penghargaan tersebut antara lain Adiwiyata Provinsi Jawa Timur tahun 2017 sebagai Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan kepada SDN Pandan-Pacet, SDN Sooko 2-Sooko, SDN Tunggal Pager-Pungging, SDN Modopuro 1-Mojosari, SDN Pungging 1-Pungging, SDN Randubango-Mojosari dan SMPN 2 Jatirejo.

 Selain itu ada penghargaan kepada juara pertama lomba merias wajah untuk Ketua TP PKK Kecamatan yang diraih oleh Kecamatan Trawas. Ada pula juara pertama lomba fashion Ketua TP PKK Desa dari tiga kategori yakni kategori Ketua TP PKK Desa Bertubuh Ideal kepada Puji Astutik dari Kecamatan Pungging, kategori Ketua TP PKK Desa Usia di Atas 50 Tahun kepada Roro Muji Astuti asal Kecamatan Gedeg serta kategori Ketua TP PKK Desa Bertubuh Gemuk kepada Yuli Irawati asal Kecamatan Kutorejo. Disusul juara lomba fashion show Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Mojokerto, yang diraih organisasi wanita Bhayangkari.(nan/dra)

                




Berita Terkait