Berita Metro

Selasa, 09 Januari 2018  23:30

Segera Dibangun Pompa Air di Wendit

Segera Dibangun Pompa Air di Wendit
: PDAM Kabupaten Malang agar segera membangun pompa air dan meter air di sumber air wendit

MALANG(BM)  - Permasalahan sumber air Wendit antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam pemanfaatan sepertinya akan berlanjut.  Kepastian kelanjutan permasalahan tersebut setelah adanya perintah dari Bupati Malang ke PDAM Kabupaten Malang agar segera membangun pompa air dan meter air sama seperti milik PDAM Kota Malang di sumber air Wendit yang berada di desa Mangliawan,Kecamatan Pakis Kabupaten setempat.

Bupati Malang, H Rendra Kresna mengatakan, pembangunan pompa air dan meter air di sumber Wendit sebagai upaya memenuhi permintaan masyarakat. Baik masyarakat di sekitar sumber air Wendit maupun masyarakat di perumahan dan industri yang ada di wilayah kecamatan Pakis dan sekitarnya.
"PDAM Kabupaten Malang silahkan untuk memanfaatkan sumber air Wendit untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kabupaten Malang. Jadi jangan dibilang kami berniat merebut sumber air yang memang milik Kabupaten Malang dari PDAM Kota Malang," tutur Rendra, Selasa (9/1).
Menurut Rendra, dalam memanfaatkan sumber air Wendit sebagai kekayaan alam yang diberikan Tuhan YME tidak boleh ada yang merasa paling utama. Dimana semua masyarakat memiliki hak yang sama dalam memanfaatkan sumber air Wendit. PDAM Kabupaten Malang juga boleh dan bisa memanfaatkan sumber air Wendit untuk memenuhi permintaan masyarakat yang menjadi pelanggannya.
Dikatakan Rendra, selama ini sumber air Wendit yang dimanfaatkan oleh PDAM Kota Malang tidak diketahui secara jelas dan pasti berapa besaran debit airnya. Ini dikarenakan PDAM Kota Malang tidak pernah memberikan data pasti kepada PDAM Kabupaten Malang untuk mengetahui dan mendata meter air yang ada di sumber Wendit. Sehingga data pemanfaatan air yang didapat selalu dari PDAM Kota Malang tanpa ada data pembandingnya. Hal itu berdampak pada berapa nilai sebenarnya kontribusi pemanfaatan air sumber Wendit untuk Kabupaten Malang juga belum diketahui.(lil/dra).




Berita Terkait