Berita Metro

Kamis, 11 Januari 2018  07:02

Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Tertibkan PKL

Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Tertibkan PKL
Sejumlah PKL saat dilakukan penertiban oleh petugas

MALANG(BM)-Pengolahan gas metan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talangagung, membuat tim  penilai Adipura terkagum, sehingga hal itu mendapat penilaian tersendiri dari tim penilai yang datang ke Kabupaten Malang. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang, Ir. Budi Iswoyo, MT mengaku lega terkait hal itu, Rabu (10/1). Menurutnya tim penilai tahap 1 sangat kagum begitu melihat kondisi Kota Kepanjen.

“Tidak ada catatan yang perlu ditindaklanjuti pada penilaian tahap pertama ini. Mereka hanya memberi masukkan terkait timbangan yang ada di TPA,” ungkap Budi Iswoyo. Makanya pada P1 tersebut tidak ada catatan signifikan, yang harus ditindak lanjuti sebagai langkah untuk pemenuhan penilaian selanjutnya. Bahkan tutur dia tim akan meminta daerah lain untuk melakukan hal sama, yaitu melakukan penanganan sampah secara maksimal dan berdaya guna.

Menurutnya, penilaian pada P2 nanti diperkirakan akan dilakukan pada bulan Pebruari 2018. Untuk itu terang dia ada beberapa titik yang perlu ditangani terkait Penjual Kaki Lima (PKL) maupun parkir liar.”Namun sebelumnya akan diadakan rapat dulu dengan dinas terkait. Nanti rapat itu akan dipimpin langsung Sekda,” ulasnya.

Terpisah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (KasatPol PP) Kabupaten Malang, Ir. Holidin, MM saat ditemui disela-sela acara peringatan Hut Satpam di Mapolres Malang, Rabu (10/1) menyebut, bahwa sebagai penegak Perda akan melakukan penertiban di wilayah kabupaten.Dia mengatakan akan selalu menjalankan tugas sebagai mana aturan yang ada. Dimana, lanjut Holidin, Satpol PP akan melakukan penertiban diminta maupun tidak, karena itu sudah menjadi tanggung jawabnya.

“Kami menjalan amanah seperti yang tertera dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Malang No. 15, tahun 2013 tentang Penataan dan Pemberdayaan Perdagangan Kaki Lima (PKL),” tuturnya. Sedangkan untuk persiapan penilaian Adipura, satpol PP akan melakukan operasi baik pada PKL maupun parkir yang masuk dalam kategori liar secara bersama dengan Dishub, Muspika dan Kepolisian.Terkait penempatan personil pada wilayah kecamatan, sebaiknya pihak camat membuat surat pengajuan pada Sekda.“Kalau sudah ada perintah Sekda yang berasal dari pengajuan camat. Kami siap menempatkan anggotanya” tandasnya.(lil/dra).



Berita Terkait