Berita Metro

Kamis, 04 Januari 2018  23:14

Disambati Pedagang, Menkeu Hanya Tersenyum

Disambati Pedagang, Menkeu Hanya Tersenyum
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat meninjau kios pedagang Pasar Besar Malang.

MALANG(BM)-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Kota Malang. Kedatangan Menteri Keuangan, Sri Mulyani ke Pasar Besar Kota Malang,Kamis (4/1), tampak membuat para pedagang senang melihat sosok menteri.

Selama di pasar, Sri Mulyani meninjau langsung beberapa lapak pedagang dan berdialog dengan pedagang. Bahkan, Sri Mulyani sempat membeli oleh-oleh di salah satu pedagang. Setelah berkeliling melihat kondisi pasar, Menteri energik itu menyempatkan untuk berdialog dengan para pedagang, berbagai keluhan dan harapan dari para pedagang dijawab dengan gaya humoris namun tegas.Sri Mulyani mendapat keluhan terkait kabar Pasar Besar akan dibongkar.

Salah satu pedagang di Pasar Besar, Susi Himelda (33) menanyakan kepada sang menteri, terkait kebenaran kabar Pasar Besar akan dibongkar dan para pedagang akan dipindahkan ke tempat lain. "Bu menteri, apakah benar kabarnya Pasar Besar akan dibongkar. Saya khawatir kalau dibongkar kita mau dikemanakan. Yang pasti jangan sampai kita ditelantarkan,"ungkap wanita pedagang kain tersebut.
Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan, bahwa sebagai tempat dalam pergerakan ekonomi, Pasar Besar tempatnya sangat tidak layak, karena kondisi bangunan gedung sangat memprihatinkan,  kotor dan becek. Sehingga hal ini membuat orang malas berkunjung.
Gayung bersambut, Menteri Sri Mulyani langsung merespon pertanyaan yang tertuju kepadanya dengan bertanya langsung kepada pihak Pemkot Malang yang saat itu dihadiri Wakil Walikota, Sutiaji. "Saya tadi pas keliling memang sempat mendengar kabar itu, setelah itu saya tanya, ternyata kabar itu ndak benar dan pasar hanya  mau diupgrade. Namun saya minta Wakil Walikota untuk menjelaskan,"ungkap Sri Mulyani
Sementara,Wakil Walikota Malang,Sutiaji dengan tegas menepis kabar akan dibongkarnya Pasar Besar Malang. Pasar tersebut akan tetap dijadikan sebagai tempat pemberdayaan ekonomi rakyat, sehingga tidak akan ada pembongkaran."Dibenahi bukan digusur. Ini tetap jadi lahan ekonomi masyarakat. Tidak akan ada pengusuran. Ini taruhannya nyawa bukan jabatan saja,"tutur Sutiaji.

 

Menurut Sutiaji, isu tersebut tidak benar. Memang benar jika Pasar Besar akan dilakukan perbaikan. Namun tidak sampai menggusur para pedagang. "Benar akan dibongkar. Tapi kalau diusir tidak. Kami tetap akan memberdayakan ekonomi rakyat," jelasnya.

 Pasar Besar akan dibenahi, mengingat fasilitas pasar yang kondisinya sudah tidak bagus lagi. "Nah kan, akan diperbaiki. Jadi tidak digusur," imbuh Sri Mulyani.Sementara itu,Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang,Wahyu Setyanto menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan menemui perwakilan pedagang. Hal itu dimaksudkan agar para pedagang tidak terhasut isu (gosip) yang belum tentu kebenarannya.

 “Dengan jumlah pedagang berkisar lima ribu lebih,tentunya ada saja yang terhasut gosib. Maka,kami pada pekan depan akan mengagendakan untuk bertemu perwakilan pedagang,”tandasnya.(lil/dra).




Berita Terkait