Berita Metro

Senin, 09 Januari 2017  19:40

BI Gagas Program Urban Farming

BI Gagas Program Urban Farming
Urban Farming atau Keluarga Peduli Pangan digagas oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang
MALANG(BM)-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang menggagas adanya Urban Farming atau Keluarga Peduli Pangan untuk menjaga stabilitas pangan, terutama cabai rawit merah. Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Dudi Herawadi mengatakan untuk Jawa Timur harga cabai rawit sebenarnya relatif stabil, yakni di kisaran Rp40.000-Rp70.000/kg. 
 
“Harga cabai rawit merah di Jatim, terutama di Malang, tidak sampai menyentuh Rp100.000/kg seperti di luar pulau Jawa,” ujarnya, Senin (9/1). Ini terjadi karena Jatim memang merupakan sentra produksi cabai sehingga pemenuhan kebutuhan komoditas untuk masyarakat setempat masih mencukupi yang dampaknya tidak terlalu mendongkrak harga.
 
Masalah naiknya harga cabai terkait keseimbangan antara pasokan dan permintaan. Intinya, jika permintaan komoditas lebih besar daripada pasokan, maka otomatis harganya terdongkrak naik, begitu juga sebaliknya.Kasus naiknya harga cabai rawit merah, pihaknaya menduga, dari sisi pasokan memang berkurang.
 
Karena itulah, Kantor Perwakilan BI Malang berupaya memperkuat sisi pasokan dengan program Urban Farming atau Keluarga Peduli Pangan.Lewat program tersebut, BI menginisiasi dan memfasilitasi keluarga lewat program Keluarga Peduli Pangan dengan bantuan bibit cabai dan poly bag agar ditanam di rumah-rumah mereka.
 
Maka setiap keluarga dapat memenuhi kebutuhannya secara mandiri. Pada sisi pasokan akan meningkat, namun  sisi permintaan akan berkurang sehingga diharapkan harga cabai rawit bisa stabil.
 
“Pengalaman di Madivif (Markas Komando Divisi) Kostrad II  Singosari membuktikan efektifitas program tersebut. Di sana, setiap keluarga prajurit menanam lima buah pohon cabai dalam poly bag sehingga kebutuhan terhadap bahan makanan tersebut terpenuhi, bahkan berlebih,” ujarnya.
 
Dalam menjalankan program tersebut, BI nantinya akan bekerja sama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Malang.Selain itu Urban Farming, Kantor Perwakilan BI Malang juga tetap mendukung peningkatan produksi pangan yang volatile, seperti cabai, bawang merah, padi, dan lainnya.(mal/dra)



Berita Terkait