Berita Metro

Rabu, 12 November 2017  17:25

HKN 2017, JK: Jaga Kesehatan dengan Biasakan Hidup Sehat

HKN 2017, JK: Jaga Kesehatan dengan Biasakan Hidup Sehat
Menteri Kesehatan Nina Moeloek mengikuti senam bersama dalam rangka HKN 2017.

Jakarta (BM) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) hadir dalam acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (12/11/2017). Dalam sambutannya, ia mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan teratur.

JK juga menyampaikan kepada masyarakat untuk menyehatkan tubuh harus banyak bergerak, olahraga, dan makan sehat.

Menurut wakil presiden, rumah sakit adalah benteng terakhir untuk upaya yang sudah dilakukan. Hal paling utama adalah kebiasaan yang harus dijalankan seperti aktif bergerak seperti dengan rajin jalan kaki. Olahraga bagian yang sangat penting dari hidup sehat sebelum mendapatkan obat.

"Obat itu penting, tapi berolahraga merupakan kebiasaan sehat, tidak merokok, merupakan upaya kesehatan yang murah," ungkap JK.

Menurutnya, negara yang baik adalah negara yang masyarakatnya jarang ke rumah sakit. "Negara yang baik, yakni negara yang sehat. Rumah sakit baik, tapi sepi penghuninya, karena rakyatnya sehat."

Lebih lanjut JK menyinggung masalah dana jaminan kesehatan yang terus defisit setiap tahun dan kini angkanya diperkirakan mencapai sekitar Rp 9 triliun. Bila saja lebih banyak masyarakat yang bisa menjaga kesehatannya maka hal tersebut mungkin bisa dihindari.

"Jaga terus kesehatan dengan membiasakan hidup sehat, istirahat cukup, makan buah sayur, ikan dan berolah raga. Jangan sampai masuk rumah sakit, karena masuk rumah sakit itu upaya terakhir. Saya berharap masyarakat melakukan deteksi dini dengan memeriksakan kesehatannya," pungkas JK.

Sementara itu, sekitar 120 ribu orang pada hari Minggu pagi (12/11) melakukan senam bersama secara serentak. Menteri Kesehatan Profesor Dr dr Nila Moeloek, SpM (K), memimpin acara tersebut di Car Free Day Jakarta (CFD).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk promosi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Germas adalah sebuah gerakan untuk mendorong melaksanakan hidup sehat dan terselenggara di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Pada pelaksanaannya di CFD Jakarta, senam dilakukan di area bundaran HI diikuti sekitar 22 ribu orang. Senam sehat ini dipandu dengan beberapa instruktur di masing-masing provinsi dan diikuti oleh 120 ribu orang serentak di Indonesia.

Menkes Nila yang berpakaian biru donker, berpesan agar masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan. Jaga aktivitas fisik dengan berolahraga dan konsumsi seimbang buah serta sayur.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan banyak makan buah dan sayur,serta berolah raga yang teratur," ungkap Menkes Nila pada perayaan HKN di CFD Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Pada kegiatan puncak HKN selain diselenggarakan senam sehat ada juga acara makan buah dan sayur kemudian juga dihadiri oleh peserta tour de'Sabang-Jakarta 3000 K Indonesia Sehat.

Acara senam sehat dimeriahkan dengan lomba gerak jalan sehat sebanyak 23 Tim dari kementerian dan lembaga.(met/tit)




Berita Terkait