Berita Metro

Sabtu, 04 Juni 2017  19:42

Covestro-PBB Gelar Lomba Kelestarian Lingkungan

Covestro-PBB Gelar Lomba Kelestarian Lingkungan
Surabaya(BM)- Indonesia memainkan peran ganda dalam perubahan iklim, yakni sebagai pihak yang terkena dampak, namun juga mampu memberikan solusi. United Nations Environment Programme (UNEP) meluncurkan “Young Champions of the Earth”. Ini merupakan inisiatif baru yang bertujuan mendorong dan mendukung para pemuda-pemudi berusia 18 sampai 30 tahun yang memiliki gagasan cemerlang untuk menyelamatkan lingkungan.Inisiatif ini disponsori Covestro, salah satu perusahaan polimer terkemuka di dunia dan pendukung utama bagi inovasi-inovasi kelestarian lingkungan.
 
. Indonesia telah berperan aktif dalam hal kebijakan iklim internasional. Dalam Climate Change Performance Index 2017, yang baru-baru ini diterbitkan oleh Germanwatch and Climate Action Network Europe, kinerja Indonesia turun tiga peringkat, sebagian disebabkan oleh emisi terkait penggundulan hutan, dimana menjadi yang tertinggi dari semua negara dalam daftar tersebut.
 
”Ada begitu banyak potensi di Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim. Namun, kami masih menghadapi berbagai  kendala lingkungan. Oleh sebab itulah kami dari Covestro Indonesia sangat mendukung inisiatif UNEP ini,”ungkap Managing Director PT Covestro Polymers Indonesia, Lars Kesternich, kemarin.
 
Pihaknya mendorong generasi muda Indonesia untuk bergabung dan mengikuti kompetisi ini. “Kami yakin bahwa para pemuda negeri ini memiliki banyak ide kreatif, yang dapat disalurkan untuk membantu menyelamatkan lingkungan,”ujarnya. Program ini, didukung sepenuhnya oleh CEO Covestro, Patrick Thomas yang menekankan bahwa pemikiran dan tindakan yang berkelanjutan sangat penting dalam melestarikan bumi kita dan meningkatkan keselamatan dan kualitas hidup jutaan umat manusia. Covestro berupaya memberikan kontribusi guna mencapai tujuan ini melalui produk-produk dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan.

”Young Champions of the Earth” menyediakan sarana  global yang unik bagi para pemuda untuk menunjukkan  gagasan inovatif dan kontribusi positif demi keberlangsungan hidup bumi ini. Inisiatif ini bertujuan menyeimbangkan isu-isu negatif terhadap lingkungan dan menginspirasi generasi selanjutnya dari para pemimpin di bidang lingkungan.

Executive Director UN Environment, Erik Solheim mengatakan ketika anak-anak muda diberi kesempatan dan dukungan, mereka dapat menjadi katalisator yang hebat bagi perubahan. 
 
“Harapan kami adalah supaya inisiatif ini akan menginspirasi ribuan anak muda di seluruh dunia untuk mengembangkan cara-cara inovatif untuk mengatasi masalah-masalah lingkungan yang penting bagi mereka,”tambahnya.
 
Para pemenang akan diseleksi oleh dewan juri internasional, termasuk Erik Solheim dan Patrick Thomas. Mereka akan diundang untuk menghadiri Jamuan Makan Malam “Champions of the Earth”, yang akan diadakan di Nairobi pada bulan Desember 2017. Nama-nama pemenang kemudian akan diumumkan secara resmi ke publik dan media internasional.(rls/dra)



Berita Terkait