Berita Metro

Selasa, 08 Mei 2018  16:14

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Lamongan Gelar Masak Serba Ikan

Tingkatkan Konsumsi Ikan, Lamongan Gelar Masak Serba Ikan
Ketua Forikan Makhdumah Fadeli di stan juara pertama menu Kudapan milik RSUD dr Soegiri dilomba Lomba Masak Serba Ikan

Repoter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Ikan sudah lama diketahui mengandung banyak nutrisi dan gizi, sangat bagus untuk tumbuh-kembangnya anak. Dan lomba menu kreasi  berbahan ikan merupakan trobosan yang harus terus dikembangkan karena dapat dijadikan referensi bagi ibu-ibu untuk memasakan anak dan keluarga agar lebih menyukai ikan.

 

Demikian dikatakan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Lamongan Makhdumah Fadeli, saat Lomba Masak Serba Ikan yang diikuti ibu-ibu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Lamongan di Pendopo Lokatantra, Selasa (8/5) siang.

 

Menurutnya, dari lomba tersebut dapat diketatahui berbagai kreatifitas dalam mengolah ikan. Sehingga tampilan atau masakannya tidak monoton seperti selama ini yang hanya sebagai lauk.

 

“Ini membuktikan ikan tidak hanya dimasak yang itu-itu saja. Kita harus bisa mengolah ikan menjadi makanan atau kudapan sehingga  tidak membosankan. Apalagi ikan mengandung banyak sekali gizi. Jadi harus dibiasakan sejak dini” ungkap Mahdumah Fadeli.

 

Diantara masakan yang berbahan ikan dalam Lomba Masak Serba Ikan tersebut adalah kue wingko wingko dengan bahan dasar ikan bandeng yang disajikan oleh Badan Pendapatan Daerah, puding yang tak hanya bentuknya saja seperti ikan tetapi juga salah satu bahannya menggunakan ikan gabus (kuthuk) dari DPU Bina Marga, serta  kue kastengel dan coklatpun dibuat dari ikan lele yang disajikan oleh Dinas Perhubungan

 

Sedangkan  menu Kudapan, juara pertama adalah menu dari RSUD dr Soegiri. Kemudian menu keluarga juara pertamanya Dinas Perhubungan dan juara pertama untuk menu balita adalah Dinas Perikanan.

 

Lomba  yang digelar di Pendopo Lokatanra Kabupaten Lamongan tersebut  mendatangkan juri dari Asosiasi Chef Jawa Timur Sukiman, Praktisi Tata Boga dan Ahli Gizi Indah Nugroho dan dari Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Jawa Timur Yusminiarsih.

 

Sedangkan  kriteria yang dinilai yakni dari segi kreatifitas, penyajian, cita rasa dan keamanan untuk dikonsumsi.

 

 “Kalau bisa jangan menggunakan bahan instan, seperti saos kemasan. Lebih baik kita membuat saos sendiri. Karena selain sehat, kita juga tahu bahwa bahannya aman untuk dikonsumsi,” jelas Indah Nugroho memberi saran. (kom)

 




Berita Terkait