Berita Metro

Kamis, 08 Maret 2018  13:36

Sego Boran dan Soto Lamongan Dipatenkan

Sego Boran dan Soto Lamongan Dipatenkan
epala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan, Muhammad Zamroni.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lamongan, melakukan langka strategis untuk mematenkan atau hak panen Sego Boran  dan Soto Lamongan. Langka tersebut sebagai antisipasi agar makanan khas asal Lamongan itu tidak dicaplok atau klaim pihak lain.

 

“Sebenarnya sebanyak empat makanan khas Lamongan yang kita patenkan, yaitu Sego Boran, Soto Lamongan, Tahu Campur, dan Tahu Tek. Dan ke-empat makanan tersebut sudah merambah hampir seluruh daerah di tanah air ini” kata Kepala Disperindag, Lamongan, Muhammad Zamroni, Rabu (7/3) siang.

 

Dan, tegasnya, pengurusan hak paten tersebut  saat ini  sedang dalam proses untuk mendaftarkan  ke Depkumham yang sebelumnya telah dikonsultasikan Pemprov Jawa Timur.

 

“Agar mendapatkan hak paten membutuhkan waktu relatif cukup lama. Sebab pada prosesnya, ada waktu sanggah karena produk semacam  ini sama dengan produk dari daerah lain. Namun yang jelas kita sudah melangkah untuk mendapatkan hak paten tersebut”  ungkap Zamroni.

 

Soal kekhasan kuliner Lamongan ini, Zamroni mengakui kalau setiap produk yang didaftarkan ini memiliki kekhasan tersendiri. Nasi Boran, kata Zamroni, dikenal hanya ada di Lamongan dan memiliki kekhasan sendiri soal bumbu dan ikan yang disajikan. Soto Lamongan pun, kata Zamroni, memiliki kekhasan dengan soto dari daerah lain, karena soto Lamongan selalu ada bumbu koya-nya.

 

Begitu juga dengan tahu campur, lanjutnya,  juga memiliki bumbu yang khas."Termasuk Wingko Babat, juga memiliki kekhasan dalam hal bumbu jika dibandingkan dengan Wingko buatan daerah lainnya," terangnya.

 

Menurut pria mantan Kabag Humas dan Protokuler Kabupaten Lamongan tersebut,  selain produk kuliner khas Lamongan, Diperindag Lamongan berencana untuk mematenkan beberapa produk khas Lamongan lainnya, misalnya Batik Sendang dan Tenun Ikat khas Lamongan. ()




Berita Terkait