Berita Metro

Selasa, 06 Agustus 2019  15:27

Saat Perjalanan ke Suci Mekkah, Seorang Calon Haji Meninggal

Saat Perjalanan ke Suci Mekkah, Seorang Calon Haji Meninggal
Suasana saat pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Lamongan

LAMONGAN (BM)-Satu dari 1.733 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Lamongan, bernama Murni Senawi Terseman  meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan menuju Tanah Suci Mekkah. Calon haji berumur 52 tahun  itu merupakan warga asal Desa Kemantren, Kecamatan Paciran.

 

Kepala Kemenag Kabupaten Lamongan H. Sholeh pada sejumlah awak media  menjelaskan, sebelum berangkat Murni Senawi Terseman  sudah mengeluh sakit dan sudah diberikan perawatan oleh dokter.

"Kami menerima laporan dari kru pesawat ada jemaah pingsan, kemudian dokter melakukan tindakan pasang oksigen dan pasang infus, namun kondisinya  semakin memburuk  dan akhirnya meninggal, " kata H.Sholeh.

Sholeh juga menjelaskan jenasah warga  Desa Kemantren, Kecamatan Paciran itu akan dimakamkan di kota suci Mekkah "Informasi dari keluarga dan tim dokter korban tidak mempunyai riwayat sakit jantung," jelasnya.

Tahun 2019 ini Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Lamongan sebanyak 1.733 orang. Dan pemberangkatanya dilakukan oleh Bupati Fadeli dari Pedopo Lokantra Kabupaten Lamongan, Jumat kemarin.

Mereka  tergabung dalam kloter 79 dan 80 dengan jumlah 890 orang. Sedangkan sisanya, yakni kloter 81 dan 82 diberangkatkan menyusul sehari setelah kloter 79 dan 80 berangkatkan.

Orang nomer satu di Pemkab Lamongan juga berpesan kepada seluruh JCH agar menjaga kesehatannya. Karena ada perbedaan suhu yang cukup ekstrem.

“Agar dipersiapkan sebaik-baiknya. Suhu disana bisa mencapai 50 derajat. Meskipun telah didampingi tenaga medis, harus tetap menjaga kesehatan. Semoga pelaksanaan ibadah haji tahun ini lancar dan tanpa kendala apapun,” kata  Fadeli berharap.

Di sisi lain,  saat pemberangkatan CJH tersebut,  Kementerian Agama (Kemenang) Lamongan, Sholeh memaparkan sebanyak 22 orang  Jama’ah Calon Haji (JCH) asal Lamongan tahun ini batal berangkat Haji ke Tanah Suci Mekkah, karena  meninggal dunia  dan karena  dan tertunda karena suatu  hal.

“Sebenarnya  Tahun 2019 ini sebanyak  1.733 JCH yang akan berangkat,  namun  dalam proses menunggu keberangkatan, terdapat 22 orang JCH yang urung berangkat. Ada yang meninggal dan tertunda karena satu dan lain hal” terang  Sholeh saat itu. (kom)




Berita Terkait