Berita Metro

Selasa, 08 Mei 2018  15:17

Rawan Kebakaran,PMK Gelar Latihan Atasi Kebakaran di Selatan

Rawan Kebakaran,PMK Gelar Latihan Atasi Kebakaran di Selatan
Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) mempraktekan padamkan api yang berkobar

Repoter: Komari

 

LAMONGAN (BM)-Sebagai upaya mengatasi kebakaran di wilayah Lamongan selatan, petugas  UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Ngimbang Kabupaten Lamongan gencar melakukan pelatihan atau sosialisasi cara memadamkan api saat terjadi kebakaran di wilayah Lamongan selatan.

“Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, dimana di wilayah Lamongan selatan rawan terjadi kebakaran karena banyak dedaunan yang mongering yang berjatuhan dari pohonya” kata Kunjali, salah seorang petugas PMK Kabupaten Lamongan. Selasa (8/5) siang.

Menurutnya, salah satu pelatihan cara memadamkan kebakaran tersebut dilakukan pada siswa-siswi SMKN Sambeng yang berasal dari berbagai desa di Kecamatan Sambeng.

“Setelah petugas memberi materi, siswa mempraktekan memadamkan kobaran api. Harapan kami adalah cara pemadamkan api tersebut ditularkan ke warga, sehingga mampu mengatasi kebakaran sebelum menjalar menjadi lebih besar kobaran api tersebut” ungkap Kunjali.

Lamongan selatan sendiri, jelas Kunjali,  terdapat hutan milik Perhutani dan banyaknya pohon. Dan saat musim kemarau daunya mengering kemudian berjatuhan, sehingga rawan terjadi kebakaran.

“Dan tidak sedikit pepohonan tersebut berada di dekat perumahan warga, sehingga hal ini sangat rawan memicu kebakaran. Maka Kami saat ini sedang gencar melakukan sosolisasi atau cara memadamkan kebakaran” tegas Kunjali.

 

Intinya, papar Kunjali, pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat mampu melakukan penanganan  awal jika terdapat kebakaran sebelum ada bantuan dari PMK datang ke lokasi kebakaran.

“Sehingga kebakaran yang lebih besar dapat diantisipasi” tutur Kunjali juga menjebutkan UPT PMK Ngimbang sendiri meliputi wilayah Kecamatan Ngimbang, Modo, Sukorame, Bluluk, Sambeng, Mantup dan wilayah Kecamtan Kembangbahu. ()

 




Berita Terkait