Berita Metro

Rabu, 07 Agustus 2019  16:21

PilkadesSerentak,Usai Ditetapkan CalonKades Tak Boleh Mundur

PilkadesSerentak,Usai Ditetapkan CalonKades Tak Boleh Mundur
Proses penetapan calon kades di Desa Mungli Kecamatan Kalitengah Lamongan

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Penetapan Calon Kepala Desa (Cakades) dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lamongan dilakukan mulai tanggal 6 hingga 12 Agustus ini. Dan bagi yang sudah ditetapkan tidak mengundurkan diri dari perhelatan pesta demokrasi ditingkat desa tersebut.

“Calon yang sudah ditetapkan oleh pantia pemilihan tidak boleh mundur” kata Kabag Pemdes Pemkab Lamongan, Abdul Khowi, Rabu (7/8) siang.

Menurutnya usai penetapan calon, selanjutnya adalah proses DPS dan DPT. “Selanjutnya adalah massa kampanye yaitu mulai tanggal 9 hingga 11 September” jelas Khowi, panggilan Abdul Khowi.

Penetapan calon Kades diantaranya sudah dilakukan oleh  Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Mungli Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan dengan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa Mungli Periode 2019-2025, di Pendopo Balai desa setempat, Rabu (7/8).

Sebelum undian pengambilan nomor urut dilaksanakan, Ketua Panitia Pilkades, Mohamad Nasir  membacakan Surat Keputusan tentang Pengumuman Penetapan dari bakal calon menjadi calon kepala desa.

"Panitia telah melaksanakan beberapa tahapan pelaksanaan Pilkades, mulai dari penjaringan balon, seleksi administrasi, sampai dengan hari ini yakni penetapan balon menjadi calon dan  pengundian nomor urut calon," terang  Muhammad Nasir.

Nasir juga menyampaikan, seluruh kandidat dinyatakan lolos dan siap maju dalam Pilkades Desa Mungli tahun 2019. Adapun calon kepala desa yang ditetapkan, berhak dipilih dan mengikuti Pemilihan Kepala Desa Mungli periode 2019-2025 yaitu Sutrisno SP dan Mahrus Ali.


"Pilkades tahun ini diikuti 2 calon yakni Sutrisno sebagai petahana Keduanya berkompetisi dalam ajang pilkades ini,"imbuhnya.

Penetapan calon dan nomor urut pilkades desa Mungli dilakukan dengan menggunakan sistem undi, yang diambil langsung oleh dua calon kepala desa dengan nama dan nomor urut, hasilnya Sutrisno mendapatkan nomor urut 1 dan Mahrus Ali nomor urut 2.

Acara ini dihadiri oleh Panitia Pilkades, Mohamad Nasir dua calon Kepala Desa Mungli Sutrisno Sp dan Makrus Ali Camat  Kalitengah Sujirman Sholeh ,Kapolsek AKP Sirin Danramil Kapten S.Parman Pj. Kades Mungli  Haryono Ketua dan Anggota BPD, LPMD, serta ketua RT dan RW dan tim sukses kedua calon. ()




Berita Terkait