Berita Metro

Selasa, 06 Maret 2018  15:30

Perlu Penataan yang Komprehensif, Agar PKL Semakin Sejahtera

Perlu Penataan yang Komprehensif, Agar PKL Semakin Sejahtera
Satpol PP saat menertibakan PKL di kota Lamongan.

 

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)-Penataan Pedagang Kali Lima (PKL ) di Lamongan harus dilakukan penataan yang komprehensif  dengan melibatkan banyak pihak, agar barang daganganya laku sehingga kesejahteraannya semakin meningkat.

 

“Perlu penataan yang komprehensif dengan melibatkan banyak pihak, selain demi kesejahteraan PKL, penataan tersebut   juga perlu dipikirkan aspek kenyamanan dan ketentraman” kata Ketua Komisi B,  Saifuddin Zuhri, Selasa (6/3) siang.

 

Menurutnya, aspek kenyaman dan kententraman dapat menarik warga untuk membeli barang dagangan  yang disajikan PKL.  Kedua hal tersebut harus ada di setiap sentra-sentra  PKL .

 

“Beberapa  Komisi B DPRD  melakukan kunjungan kerja ke Kota Banjarmasin untuk belajar cara menata  PKL agar daganganya lalu sehingga kesejahteraanya  semakin meningkat.  Dan disi lain keberadaaanya juga tidak mengganggu warga” kata   Zuhri, panggilan Saifuddin Zuhri.

 

Dalam waktu dekat, pihak Komisi B DPRD Lamongan berencana melakukan rapat dengan instansi terkait agar penataan PKL segera dilakukan.

 

Di sisi lain, tambah Zuhri, kedatangan Komisi B DPRD Lamongan di Kota Bajarmasin juga belajar untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sector pengelolaan pasar.

 

“Saat itu kita diterima Kabid PSDP Pasar,  Bapak Ichrom Tezar dan Kabid Perdagangan,  Bapak Gatot. Intinya PAD dari pasar disana dapat optimal karena banyak inovasi yang diterapkan”  jelasnya.

 

Politisi asal PKB Lamongan itu memaparkan stategi yang dilakukan pihak pasar Banjarmasin diantaranya melakukan pantuan kebersihan, pantuan Komunikasi, dan pantauam  berkolaborasi.

 

”Dalam  rangka untuk mempermudah laporan kegiatan dari masing-masing  UPT Pasar maka dibuat grup WA sehingga laporan dari masing-masing UPT Pasar bisa termonitor dengan cepat” ungkapnya. ()




Berita Terkait