Berita Metro

Rabu, 17 Juli 2019  14:53

KPULamongan Belum Sebutkan ParpolYangBisa Usung CalonBupati

KPULamongan Belum Sebutkan ParpolYangBisa Usung CalonBupati
Kantor KPU Lamongan

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Meski Pilkada untuk memilih bupati dan wakil bupati Lamongan akan digelar Tahun 2020 mendatang, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan hingga saat ini belum bisa menentukan partai politik yang dapat mengusung calonnya sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lainya.

 

“Kita masih menunggu hingga pasca penetapan,  baik penetapan  nama caleg jadi maupun perolehan kursi masing-masing parpol di DPRD Lamongan” kata Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali, Rabu (17/7) siang.

 

Kondisi tersebut, lanjut Makrus, panggilan Mahrus Ali, membuat KPU bisa menentukan parpol mana bisa  mengusung calon bupati atau calon bupati untuk ditarungkan dalam pilkada 2020 itu.

 

“Sesuai UU No 10 Tahun 2016 pasal 40 menyebutkan Partai Politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftakan pasangan calon jika telah menemuhi pesyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi dewan perwakilan rakyat daerah atau 255 dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD “ terang Mahrus.

 

Di sisi lain, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lamongan, Abdul Ghofur pada awak media mengatakan pihaknya di Pilkada 2020 mendatang berniat mengusung kadernya sendiri.

 

“PKB Lamongan dalam pilkada mendatang sudah ada calon dari kader sendiri” terang Abdul Ghofur singkat melalui whatshapp.

 

Sementara itu Ketua PDIP Lamongan, Sa’im SPd, menegaskan dalam menyambut pemilihan bupati dan wakil bupati Lamongan mendatang, pihaknya menunggu protap  dan perintah dari DPP PDIP.

 

“Kita masih menunggu protap dan perintah partai, dan itu akan terjawab pada September mendatang” pungkas Saim SPd.

 

Seperti diketahui pada Tahun 2020 mendatang pasangan massa jabatan  Bupati Fadeli dan Wabup Kartika Hidayati akan usai dan akan digelar Pilkada untuk menggantikan pasangan hasil Pilkada 2015 lalu itu. ()




Berita Terkait