Berita Metro

Kamis, 10 Mei 2018  16:12

Jelang Ramadhan, Relawan Jokowi Santuni Yatim-piatu

Jelang Ramadhan, Relawan Jokowi Santuni Yatim-piatu
Ketua FKRJ Lamongan selatan, Suprat,berikan santunan ke yatim-piatu di Desa Sidokumpul - Sambeng.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)-Sejumlah warga yang tergabung dalam Forum Komunitas Relawan Jokowi (FKRJ)  di Lamongan selatan memberikan santunan paket sembako pada anak yatim-piatu di wilayah Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan dalam rangka menyambut datangnya Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa.

 

“Santunan tersebut bertujuan untuk memberi dorongan pada anak yatim-piatu agar tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa meski sudah tidak didampingi oleh bapak dan ibu” kata Kordinator Forum Komunitas Relawan Jokowi (FKRJ)  di Lamongan selatan, Suprat,  Kamis (20/5) siang.

 

Pemberian santuan tersebut dilaksanakan di Desa Sidokumpul Kecamatan Sambeng. “Selain yatim-piatu, kita juga memberikan santunan  pada putra-putri dari keluarga kurang mampu. Intinya harus saling membantu sesama” ungkap Suprat.

 

Di sisi lain, relawan Jokowi  Lamongan selatan tersebut  juga melakukan bakti sosial membersihkan makam Desa Sidokumpul . Tujuan bakti sosial ini  untuk menghormati para pendahulu  yang lebih dulu meninggalkan  untuk selamanya. 

 

“Harapanya adalah agar seluruh jasa pendahulu kita dalam memperjuangan kemerdekaan, baik kemerdekaan dari penjajahan maupun kemerdekaan dalam memperjuangan perekonomian  diteruskan oleh generasi muda saat ini” tegas Suprat memaparkan.

 

Selain itu, jelas Suprat, bersih bersih makam merupakan bagian dari pelestarian sosial budaya bangsa dalam bergotong-royong  sejalan dengan nawacita Jokowi yaitu sangat pentingnya pelestarian adat istiadat dan sosial budaya di desa.

 

“Kita semua mengetahui dalam  nawacita Jokowi point 9 menyebutkan melestarikan sosial budaya dan membangun Indonesia dari pinggiran. Ini artinya Jokowi layak untuk menjadi presiden Republik Indonesia sekali lagi atau untuk yang kedua yang mempunyai komitmen dalam melestarikan sosial budaya”  kata Suprat menjelaskan.

 

Dalam  membersihkan makam Desa Sidokumpul, Tim relawan Jokowi  Lamongan Selatan juga melibatkan masyarakat setempat sehingga kerja bhakti tersebut sebagai pemupuk  gotong-royong  yang selama ini menjadi ajang silaturahmi masyarakat di pedesaan. ()

 




Berita Terkait