Berita Metro

Sabtu, 08 April 2018  16:04

Perhutanan Sosial Sejahterakan Warga Pinggir Hutan

Perhutanan Sosial Sejahterakan Warga Pinggir Hutan
Ridho Saiful Ahadi, Anggota Kelompok Kerja Percepatan Hutan sosial ke masyarakat pinggir hutan di Lamongan,

Foto:BM/Komari

LAMONGAN (BM)-Perhutanan sosial adalah sistem pengelolahan hutan lestari yang dilaksanakan dalam hutan negara atau hutan adat yang dilakukan oleh masyarakat setempat sebagai pelaku utama untuk meningkat kesejahteraanya, keseimbangan lingkungan, dinamnika sosial dalam bentuk hutan desa, hutan kemasyarakatan, dan hutan kemitraan kehutanan

Demikian dikatakan Ridho Saiful Ahadi, Anggota Kelompok Kerja Percepatan Perhutan Sosial (Pokja PPS) Jawa Timur,  di hadapan dua ratus warga Desa Dagan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan, kemarin malam.

 

“Perhutanan sosial di kawasan Perum Perhutani adalah system pengelolahan hutan lestari yang dilaksanakan dalam hutan negara yang dikelola Perhutani dan dilaksanakan masyarakat sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraanya, kesimbangan lingkungan dan dinamika sosial budaya dalam bentuk ijin pemanfaat hutan” ungkap Ridho Saiful Ahadi.

 

Dan, tegasnya, agar masyarakat dapat memanfaatkan hutan sosial masyarakat harus memiliki IPHPS atau Ijin Pemanfaatkan Hutan Perhutanan Sosial difasilitasi Pokja PPS.

 

“Ini peluang yang diberikan oleh pemerintah demi peningkatan ekonomi masyarakat di pingir kawasan hutan Negara” ungkapnya

 

Di sisi lain, Direktrur Lamongan Wacth, Shobikin Amin, menegaskan, kalau kawasan hutan dipakai untuk kebun tebu oleh perusahaan, maka otomatis lahan yang semestinya untuk perhutanan sosial akan habis.

 

“Maka proyek kebun tebu di kawasan hutan di Lamongan harus ditolak. Dan masyarakat pinggir hutan harus bergerak mengurus perhutanan sosial” tegas Shobikin Amin yang juga menyebutkan masyarakat pinggir hutan tidak banyak yang mengetahui perhutanan sosial ini.

 

Ini, papar Shobikin, panggilan Shobikin Amin, peluang emas yang tidak boleh di sia-siakan oleh msyarakat pinggir hutan agar kesejahteraanya kian meningkat. ()

 

 

 




Berita Terkait