Berita Metro

Jumat, 21 Juli 2017  09:39

Dipantau 93 TKA yang Bekerja di Lamongan

Dipantau 93 TKA yang Bekerja di Lamongan
Tim Pora saat melakukan pemeriksaan TKA di salah satu perusahaan di wilayah Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN (BM)-Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) Kabupaten Lamongan terus melakukan pengawasan terhadap TKA di Kabupaten Lamongan, diantaranya melakukan razia atau pemeriksaan terhadap tenaga asing ke perusahaan yang memperkejakan TKA tersebut.

 “Tim Pora   melakukan pengawasan terhadap TKA di wilayah  Lamongan dengan menyisir tempat kerja yang ditengarai sebagai tempat tinggal TKA illegal,” kata Kepala Kesbangpol Lamongan, Sudjito. Menurutnya, setelah dilakukan penyisiran di minggu kedua bulan Juli 2017, Tim Pora menemukan sebanyak   93 orang asing dari China dan India menjadi tenaga kerja di Lamongan.

 “Mereka bekerja di 16 perusahaan yang tersebar di Lamongan. Namun ke 93 TKA tersebut seluruhnya memiliki dokumen lengkap dan kepemilkan ijin tinggal” ungkap Sudjito yang juga mengatakan meski tidak ditemukan adanya warga negara asing ilegal, pemeriksaan dan pengawasan ini juga untuk mencegah tindak kriminalitas dan penyelahgunaan visa kunjungan ke Indonesia.

 Sementara itu Plh Imigrasi Tanjung Perak Surabaya, Arief menegaskan keberadaan TKA harus terus dipantau setiap tahunnya karena pemegang ijin tinggalnya  terbatas dan harus diperpanjang. “Mereka pemegang ijin tinggal terbatas.  Disisi lain izin mempekerjakan tenaga kerja asing kan bukan tenaga kerja kasar tapi tenaga kerja ahli,” tegasnya. Petugas berharap agar masyarakat turut membantu terhadap pengawasan keberadaan TKA asing di Lamongan, agar tidak muncul persoalan di tengah-tengah masyarakat.(kom/dra)




Berita Terkait