Berita Metro

Senin, 08 Januari 2018  23:11

Bengawan Solo Meluap, Puluhan Rumah Terendam

Bengawan Solo Meluap, Puluhan Rumah Terendam
Bhabinkamtibmas dan Babinsa Keluhan Banaran saat mengecek kondisi banjir

LAMONGAN(BM)-Sejak dua hari ini, air di Bengawan Solo meluap, akibatnya puluhan rumah warga di Kelurahan Banaran Kecamatan babat Lamongan terendam banjir setinggi 15 centimeter hingga 25 centimeter. "Air masuk ke Banaran  sejak Minggu (7/1) siang  dan saat itu  kondisinya terus naik hingga  menyebabkan puluhan rumah warga terendam air”  kata Arman, salah seorang  warga Banaran, Senin (8/1).

Menurutnya, terendamnya rumah itu menyebabkan aktifitas warga terganggu, bahkan sejumlah warga harus memindah alat-alat memasuk ke tempat yang aman."Banjir biasanya tidak lama, seiring intensitas hujan yang terjadi di wilayah hulu sungai, kalau di hulu sudah surut biasanya di sini juga akan ikut berangsur surut. Cuma, ketika banjir datang warga juga tidak bisa apa-apa, aktivitas sehari-hari pasti terganggu," ungkap Arman.

Disisi lain, Lurah Banaran, Cucuk Subagiyana kepada sejumlah awak media mengatakan, sebagian besar pemukiman warga Banaran yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo terendam banjir akibat luapan sungai bengawan solo, "Hampir sebagian besar rumah warga yang di bantaran terendam, diantara di lingkungan RT I  sebanyak 20 rumah, RT II sebanyak 20 rumah, RT II sebanyak 11 rumah dan RT 07 sebanyak 19 rumah," katanya saat melihat langsung kondisi banjir yang menimpa warganya bersama Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa setempat.

Saat ini warga yang rumahnya terendam banjir, berharap agar intensitas hujan menurun dan sehingga  kondisi air Bengawan Solo juga turut menurun sehingga mereka dapat beraktifitas kembali seperti sebelum terjadi luapan Bengawan Solo.(kom/dra)  




Berita Terkait