Berita Metro

Jumat, 04 Mei 2018  16:34

Relawan Jokowi Gelar Baksos

Relawan Jokowi Gelar Baksos
Baksos pemeriksaan kanker serviks dan payu dara di Desa Pule Kec, Kandat Kab.Kediri
Kediri- bahayanya penyakit kanker serviks dan payu dara menjadi perhatian tersendiri bagi relawan Jokowi. Untuk mencegah semakin maraknya penyakit ganas tersebut relawan Jokowi, Jumat (4/5) pagi menggelar baksos pemeriksaan penyaikt kanker serviks dan payu dara.

 “ Pengobatan gratis ini adalah yang ketiga, sebelumnya kita gelar di Lamongan, Trenggalek dan hari ini adalah di Kabupaten Kediri,” ujar Novy Suprayitno selaku divisi perempuan relawan jokowi jatim, Jumat (4/5) pagi.

Untuk baksos yang juga bekerja sama dengan , tim kesehatan dari Stikes Kendedes Malang tersebut dalam bentuk  pemeriksaan kanker serviks dan payudara secara gratis.Selain itu juga dilakukan penyuluhan terkait bahaya, gejala dan cara pencegahan terkait kanker payu dara dan serviks.

Menurutnya Pemeriksaan kanker serviks maupun payu dara sangat penting. Pasalnya masih banyak warga yang belum mengetahui baik bahaya, cara penularan hingga cara pencegahan. Padahal penyakit tersebut salah satu penyakit mematikan terbanyak  nomer empat di Indonesia. “ Hal itu terlihat saat sejumlah ibu-ibu warga Desa Pule yang antusias mendengarkan penyuluhan terkait kanker serviks dan payudara,” ujarnya lebih lanjut.

Banyaknya warga yang belum mengetahui terkait penyakit ini dikarenakan juga ketika pemeriksaan membutuhkan keterbukaan diri. Dan hal itu jarang disenangi oleh warga.

Untuk Pemeriksan kanker serviks dan payu dara tersebut sebenarnya lebih difokuskan pada buruh migran yang bekerja di luar negeri. Karena buruh migran tersebut lebih rawan terkana kanker serviks lantaran potensi kejadian hal-hal yang berakibat pada kesehatan reproduksi lebih besar.

“Memang diutamakan di daerah daerah Kabupaten kota yang mempunyai kantong kantong buruh migran. Namun Tidak menutup kemungkinan masyarakat perempuan pinggiran, karena keterbatasan pengetahuan dan keterbatasan fasilitas kesehatan,” Imbuhnya.

Sementara itu salah satu panitia Baksos Nanik Haryanti menjelaskan bahwa  pemeriksaan kanker serviks dan payu dara sangat penting. Mengingat berdasarkan data dari kementrian kesehatan setiap tahunya ada sekitar 40 ribu kasus baru kanker serviks yang terdeteksi pada perempuan Indonesia.” Dan itulah salah tujuan dari acara baksos ini digelar,” katanya.(bd)

 

 




Berita Terkait