Berita Metro

Selasa, 17 April 2018  17:57

KPU Kota Kediri Akhirnya Pasang 1 TPS di Lapas

KPU Kota Kediri Akhirnya Pasang 1 TPS di Lapas
Komisioner KPUD Kota Kediri Muhammad Wahyudi
Kediri- Untuk melancarkan Pemilihan Walikota (Pilwali) Kediri dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 27 Juni 2018 mendatang akhirnya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Kediri memasang 1 TPS di Lapas Kelas II A Kediri.

Komisioner KPUD Kota Kediri Muhammad Wahyudi menjelaskan berdasarkan hasil rapat kordinasi terakhir dengan KPU pusat akhirnya di putuskan tambahan satu TPS lagi untuk lembaga pemasyarakatan (Lapas). Hal itu untuk mengamankan hak-hak warga Lapas.

Selain itu dengan adanya satu TPS di Lapas menjadikan lebih mudah warga binaan Lapas untuk menyalurkan hak pilihnya.

Mengingat pengalaman sebelumnya partisipasi warga Lapas cukup bagus. Bisa mencapai 80 hingga 100 persen.

Tingginya angka partisipasi tersebut bukan tanpa sebab. Mereka sehari-hari sudah terkunkung sehingga dengan adanya pesta demokrasi bisa juga dijadikan ajang refresing atau hiburan.

Sementara untuk persediaan logistik hingga saat ini KPUD tidak ada hambatan. Untuk kotak suara yang dibutuhkan KPUD Kota Kediri sekitar 970 sementara persediaan yang ada dari sisa pemilihan 2004 lalu masih sekitar 1000 lebih.

Untuk diketahui jumlah total TPS di Kota Kediri sekitar 485 TPS. Sehingga kotak suara yang dibutuhkan untuk Pilwali dan Pilgub sebanyak 970 kotak. Mengingat setiap TPS membutuhkan dua kotak, yakni satu kotak untuk Pilgub dan satu kotak lagi untuk Pilwali.(bad)




Berita Terkait