Berita Metro

Rabu, 21 Februari 2018  17:25

Kinerja Buruk, PPK Bisa Dieliminer

Kinerja Buruk, PPK Bisa Dieliminer
Fasilitasi Pembentukan badan adhoc oleh KPUD Kab.Kediri

Kediri (BM)- Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kediri saat ini telah ketar-ketir mengingat adanya pengurangan anggota PPK, yang semula lima menjadi tiga anggota. Bagi anggota PPK yang kinerjanya kurang bagus bisa tereliminasi .

Di tahun ini dengan adanya pemilihan Gubernur bisa dijadikan bahan evaluasi bagi anggota PPK yang kurang kompeten untuk dilakukan pengurangan anggota PPK. Dan yang jelas ada pengurangan dua anggota PPK pada Pileg atau Pilpres 2019 mendatang. Sistem eliminasi tersebut dengan cara di evaluasi oleh rekan PPK lain , secretariat dan komisioner KPUD.

Sejauh ini, komisi pemilihan umum juga sudah menyediakan kuisioner untuk diisi oleh masing-masing anggota PPK dan juga sekretaris PPK sebagai bahan evaluasi bagi penyelenggara pemilu tingkat kecamatan.

Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Syamsuri mengatakan, pihaknya tengah melakukan sosialisasi metode pembentukan badan Adhoc. Nantinya, KPU akan menyodorkan para petugas PPK untuk mengisi kuisoner, yang dinilai oleh rekan-rekannya sendiri. Misalnya, satu orang PPK akan dikoreksi oleh empat rekannya, ditambah sekretariat ppk, ditambah komisioner KPU. “ Sedangkan poin yang tertuang dalam kuisioner diantaranya penilaian terkait  keaktifan dalam mengikuti rapat, konsekuensi menjalankan hasil rapat, bisa tidaknya bekerjasama dengan sekretariat, kerjasama dengan eksternal, dan lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ketentuan, metode evaluasi ini juga diterapkan di semua wilayah yang saat ini tengah menjalankan Pilkada. Hal ini termuat dalam keputusan KPU Nomor 31 tahun 2018 tentang petukjuk teknis pembentukan PPK, PPS dan KPPS.(bad)




Berita Terkait