Berita Metro

Sabtu, 24 Februari 2018  19:00

Kenalkan Wisata, Pemkab Kediri Gelar Dahar Durian

Kenalkan Wisata, Pemkab Kediri Gelar Dahar Durian
Pesta dahar durian Medowo

Kediri (BM)-Untuk memperkenalkan wisata di Kabupaten Kediri caranya bermacam-macam. Salah satunya yakni dengan menggelar event  dahar durian. Cara tersebut cukup evektif karena hampir semua orang suka makan durian.

Event dahar durian Medowo tahun 2018 yang  digelar Pemkab Kediri sukses menyedot ribuan pengunjung. Sebanyak 2018 buah durian diberikan secara gratis, langsung ludes diserbu pengunjung dalam waktu dua jam sejak dibuka.

Kegiatan ini dilaksanakan sabtu, (24/2) di Desa Medowo Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Hadir dalam kesempatan ini wakil bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM dan jajaran Muspika Kandangan.

Kepala desa medowo, Sujarwo mengatakan kegiatan ini bertujuan memperkuat pamor Desa Medowo sebagai salah satu sentra buah durian. Selain itu juga mempromosikan potensi wisata Desa Medowo kepada masyarakat luar."Harapannya memberikan pesan bahwa bila ingin buah durian bisa langsung datang ke Desa Medowo. Setelah mendapatkan durian, bisa dinikmati di wisata air terjun maupun bukit gandrung tanggulasi." Jelas Sujarwo.

Wakil Bupati Kediri, H. Masykuri saat membuka acara ini bersyukur kegiatan yang kali kedua dilaksanakan ini berlangsung dengan lebih baik. Kedepan Pemkab Kediri memfokuskan pengembangan Desa Medowo akan diarahkan pada agrowisata.

"Sudah dimulai tahun lalu, penanaman durian, alpukat, manggis varietas unggul lokal dan non lokal. Tiga tahun lagi akan panen. Tentu selanjutnya nanti bisa dijadikan paket agrowisata yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Medowo," paparnya.

Pantauan dilapangan, pembagian durian berjalan lancar dan tertib. Mulai pukul 07.00 WIB para pengunjung mulai datang dan mendapatkan kupon saat memasuki Desa Mendowo. Dalam kupon terdapat lokasi tumpeng durian yang dituju.

Terdapat lima titik lokasi tumpeng dimana disetiap titik petugas sudah siap membagikan durian kepada pengunjung yang menukarkan kupon. Hal inilah yang menjadikan dahar durian mendowo berjalan tertib, sebab lima lokasi tumpeng berfungsi memecah konsentrasi massa sementara fungsi kupon menjadikan alur pembagian durian tidak sampai saling berebut.(bd)

 




Berita Terkait