Berita Metro

Selasa, 10 April 2018  20:05

Jelang Pensiun, Polda jatim Latih Ketrampilan Polisi

Jelang Pensiun, Polda jatim Latih Ketrampilan Polisi
pembekalan bagi anggota Polri yang menjelang purna tugas
Kediri(BM)- Perlu berbangga bagi  anggota Polri yang memasuki purna tugas, pasalnya Polda Jatim telah melakukan pembekalan keterampilan terhadap para anggota dan ASN Polri yang akan memasuki pensiun.

Data yang dihimpun pembekalan untuk wilayah Korwil Kediri dilakukan di Ruang Tegowangi Grand Surya. Dan diikuti kurang lebih sekitar 300 anggota Polri.

Untuk wilayah Korwil Kediri Polres Tulunganggung, Polres Trenggalek, Polres Blitar,Polres Kediri dan Polres Kediri Kota sebagai tuan rumah. Pejabat daerah yang nampak hadir dalam acara tersebut adalah Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi serta Kepala Biro SDM Polda Jatim Kombes Pol Ihsan Amin. 

 

Dijelaskan Kombes Pol Ihsan Amin program ini merupakan intruksi langsung dari pimpinan Polri. Tujuanya, untuk menyiapkan anggota memiliki kopetensi menjelang pensiun. " Diharapkan mereka mampu menciptakan lapangan kerja, memilki keterampilan dalam rangka memasuki masa pensiun." Terangnya. 

 

Pelatihan yang diberikan berupa teori dan praktek langsung. " Kami dari ke Polisian Polda Jawa Timur mengadakan pelatihan ini keseluruh,sebanyak 1691. Kita bagi bagi Zona, ada delapan dengan karakteristik wilayah tempat tersebut." Ujarnya.

 

Guna menunjang potensi keterampilan yang telah dimiliki, Polda Jatim menggandeng sejumlah Perusahaan termasuk dari Bank yang diharapkan dapat membantu pembiayaanya. 

 

Setelah acara pengarahan selesai, para peserta anggota Polri mau pun ASN Polri yang akan memasuki masa Pensiun ini diberikan contoh beberapa anggota Polri masih aktif mau pun pensiun yang sudah memiliki usaha sampingan. 

 

Beberapa pelatihan yang diberikan diantaranya bercocok tanam. Materi pelatihan yang disampikan ditiap daerah berbeda beda disesuaikan dengan karakter wilayah tersebut. " Berdasarkan karakter wilayahnya. Bentuk pelatihan disesuaikan dengan peluang yang ada, bisa dikelolah " tuturnya. 

 

Sementara itu Pjs Walikota Kediri Jumadi yang ikut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan pemerintah dapat memfasilitasi para anggota maupun ASN Polri yang berwirausaha untuk ikut pameran. Apabila memiliki kualitas yang bagus maka bisa diikutkan ekspor. “Itu fasilitasi yang dapat kita berikan,” ujarnya

Selain itu, lanjut Jumadi, pemerintah juga bisa memberikan support untuk kelembagaannya dan marketingnya. Salah satu nya seperti diikutkan dalam organisasi seperti Dekranasda. “Bila mereka mau kita bisa ikutkan dalam Dekranasda, yang terpenting adalah bagaimana produknya bisa dijual ke luar darah,” jelasnya.(bad)




Berita Terkait