Berita Metro

Selasa, 20 Februari 2018  17:24

Dana Awal Kampanye Paslon Dua Paling Besar

Dana Awal Kampanye Paslon Dua Paling Besar
Keua KPUD Kota Kediri, Agus Rofik
Kediri (BM)-Laporan dana awal kampanye Pasasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kediri saat ini sudah diserahkan ke KPUD Kota Kediri. Dan tercatat Paslon nomer urut dua merupakan yang paling tertinggi dibanding Paslon Lain.

Data yang dihimpun proses kampanye pemilihan Walikota Kediri, sudah dimulai sejak 15 Februari kemarin. Dan masing-masing Paslon sudah menyodorkan dana awal kampanye ke KPUD Kota Kediri. Dari data tersebut diketahui Paslon nomor urut satu, pasangan Aizzudin Abdurahman dan Sujono Teguh  sebesar Rp 5 juta, untuk Paslon nomor dua Abdullah Abubakar - Lilik Muhibbah, sebesar Rp 90 juta, dan Paslon nomor tiga, Samsul Ashar - Teguh Juniadi, sebesar Rp 4 juta . anggaran tersebut diketahui masih awal saja dan dipastikan  akan terus bertambah, seiring berjalannya kampanye hingga Juni mendatang.

Ketua Kpu Kota Kediri, Agus Rofik mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan dari masing-masing pasangan calon. Sesuai ketentuan, para calon bisa menerima bantuan dari badan ataupun lembaga dan juga bantuan perseorangan. Untuk badan ataupun lembaga, jumlah maksimal bantuannya sebesar RP  750 juta. Sedangkan untuk perorangan jumlah bantuan maksimal Rp 75 juta . “ Jika dalam bantuan itu melebihi angka yang ditentukan maka sisanya bisa disetorkan ke kas negara,” ujarnya.

Sementara itu, Reza Darmawan juru bicara Partai Amanat Nasional sebagai pengusung Paslon Nomor Dua, mengaku memang jumlah dana kampanye mereka sekitar Rp 90 juta. jumlah itu terdiri dari 10 juta dari pasangan calon, sedangkan 80 juta itu dari dua orang . “ Dana 80 juta tersebut bersal dari dua orang, yakn dari kerabat dan keluarga,”jelasnya.

Untuk diketahui, masa kampanye pemilihan Walikota Kediri mulai tanggal 15 Februari kemarin, hingga 23 Juni 2018. (bad)




Berita Terkait