Berita Metro

Senin, 20 November 2017  23:18

Cegah Pungli, Pemkab Edukasi Perangkat Desa

Cegah Pungli, Pemkab Edukasi Perangkat Desa
Sosialisasi sapu bersih pungli di Pendopo Kabupaten Kediri

Kediri(BM)-Guna mencegah terjadinya Pungutan Liar (pungli) ataupun prilaku melanggar hukum yang terjadi di tingkat desa, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Kantor Inspektorat menggelar sosialisasi sapu bersih Pungli. Acara yang digelar, di Pendopo Kabupaten Kediri dengan mengundang kepala dan perangkat desa di Wilayah Hukum Polres Kediri.

Sebagai narasumber, Iptu Agus Prasetyo, Kanit Tipikor Polres Kediri dan Deji Permana, Kasubagbin Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri. Secara bergantian, dipandu Heru Santoso, Irban III dari Kantor Inspektorat menjelaskan tentang UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi (TPK).

“Bagi terjerat kasus ini, sesuai pasal 11, diwajibkan membayar denda sebesar Rp.50 juta atau menjalani kurungan penjara minimal 1 tahun,” jelas Iptu Agus Prasetyo. Usai sosialisasi, selanjutnya dibuka waktu tanya jawab dan ada satu pertanyaan menarik dari Kepala Desa Klampisan Kecamatan Kandangan, Ekoyanto.

 “Selama ini desa bagai ujung tombok untuk pemerintah. Warga kami diminta untuk melunasi segala bentuk pajak. Sementara kami tidak diberi hak berupa tunjangan khusus untuk operasional. Apalagi sekarang jika kades habis masa baktinya, hanya diberi tunjangan berdasarkan besarnya tanah kas desa,” jelas Ekayanto.

Terkait jalan rusak dan maraknya Galian C, juga disampaikan Muhamad Mustofa, Kepala Desa Trisulo Kecamatan Plosoklaten. “Jalan desa di tempat kami banyak lubang. Kami sebenarnya ingin memperbaiki, diantaranya kami punya usulan bagi truk yang melintas untuk mengisi kas desa,” jelasnya. Atas kedua pertanyaan ini, baik Kejaksaan maupun Polres Kediri menyarankan, atas segala permasalahan di wilayahnya, untuk selalu berkomunikasi dan konsultasi dengan Tim Saber Pungli. Pada hari kedua Selasa besok, diagendakan sosialisasi kepada para kepala dan perangkat desa di Wilayah Hukum Polresta Kediri.(bad/dra)




Berita Terkait