Berita Metro

Rabu, 03 Januari 2018  17:59

Jual PSK di Bawah Umur, Diganjar 2,5 Tahun Penjara

Jual PSK di Bawah Umur, Diganjar 2,5 Tahun Penjara
Terdakwa Ayu Sriwulan saat menjalani persidangan di PN Surabaya.

SURABAYA (BM) - Ayu Sriwulan, terdakwa kasus perdagangan anak di bawah umur dijatuhi vonis 2,5 tahun penjara. Majelis hakim yang diketuai Hisbulloh Idris menyatakan, terdakwa terbukti menjual anak di bawah umur untuk bisnis prostitusinya.

Sebelum sidang dimulai, terdakwa memasuki ruang sidang dengan didampingi ibu kandungnya. Bahkan ibu kandungnya terlihat menangis saat sidang berlangsung. “Mengadili terdakwa telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sesuai Pasal 88 dan Pasal 2 UU Nomor 21 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (PTPPO), dan menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa selama 2 tahun 6 bulan penjara,” ujar hakim Hisbulloh saat membacakan amar putusannya pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (3/1/2018).

Tak hanya hukuman badan, terdakwa juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp 1 juta, subsider 1 bulan kurungan. Vonis yang dijatuhkan terhadap terdakwa ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nur Laila yang menuntutnya selama 4 tahun penjara.

Atas vonis ini, jaksa Nur Laila menyatakan pikir-pikir. “Saya pikir-pikir majelis hakim,” kata jaksa Nur Laila dia kepada hakim Hisbulloh.

Perlu diketahui, terdakwa Ayu Sriwulan ditangkap Ditreskrimum Polda Jatim pada Agustus lalu. Polisi menangkap Ayu lantaran dirinya telah memperdagangkan anak di bawah umur untuk dijadikan pekerja seks komersil (PSK) dengan tarif Rp 800 ribu. (arf/tit)




Berita Terkait