Berita Metro

Senin, 02 April 2018  20:40

Mapel USBN Diubah Mendadak, Siswa Dirugikan

Mapel USBN Diubah Mendadak, Siswa Dirugikan
Tertib: Suasana pelaksanaan USBN di salah satu sekolah swasta yang ada di Surabaya, Senin (2/4).
SURABAYA (BM) – Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berbasis komputer tingkat SMA di Surabaya diwarnai dengan perubahan jadwal mata pelajaran (mapel) secara mendadak. Hari Senin (2/4) seharusnya merupakan mapel seni budaya, namun tiba-tiba diganti menjadi lintas minat ekonomi.

Perubahan jadwal itu disampaikan salah satu wali murid kelas XII SMA Khadijah Surabaya, Emy. Menurut dia, dari laporan anaknya, mata pelajaran yang diujikan diubah secara mendadak oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim. Hal ini pun membuat siswa tidak siap, terutama siswa yang ujian sesi pertama. “Mestinya mapel seni budaya, tapi diubah jadi lintas minat ekonomi. Untungnya anak saya masih bisa, tapi temannya banyak yang tidak siap,” katanya, Senin (2/4).

Dia menjelaskan, anaknya biasanya salah hanya dua sampai lima soal. Namun tadi, anaknya salah sampai 12 dan temannya bisa salah sampai 15 soal. “Yang jelas, siswa dirugikan karena tidak siap sehingga tingkat kesalahan cukup tinggi dan mengkhawatirkan nilainya,” tuturnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terpisah, Kepala SMA Khadijah Surabaya Ghofar membenarkan adanya perubahan mapel yang diujikan dari seni budaya ke mapel lintas minat. Namun, dia mengaku tidak tahu secara detail penyebab perubahan itu. “Ya saya tahu ada perubahan. Apa tadi, seni budaya diubah lintas minat,” terangnya.

Disinggung apakah perubahan datang dari Dindik Jatim? “Wah, saya cerita juntrungan ndak ngerti,” ungkapnya sambil menyarankan untuk konfirmasi ke Sub Rayon. Ditanya lebih lanjut apakah perubahan terjadi se Surabaya, Ghofar mengaku tidak tahu.

Kabid Pembinaan SMA Dindik Jatim Ety Prawesti mengatakan, pada dasarnya tidak ada perubahan jadwal dalam pelaksanaan USBN. Informasi yang tersebar di media sosial tersebut merupakan peringatan ulang dari guru ke guru yang kemudian menjadi viral.

“Jadi sebelum pedoman teknis (domnis) yang sudah final itu disebar, sekolah sudah mendapat domnis yang masih rancangan. Sedangkan pada domnis yang sudah final itu terdapat perubahan,” kata Ety.

Informasi yang beredar, lanjut dia, hanya sebatas mengingatkan kembali bahwa kemarin adalah jadwal ujian untuk mapel lintas minat untuk sekolah dengan kurikulum 2013. “Jadi sebenarnya tidak ada perubahan jadwal. Semua proses pelaksanaan ujian berlangsung dengan normal dan lancar dari awal hingga hari ini (kemarin),” tandasnya. (sdp)



Berita Terkait