Berita Metro

Rabu, 13 Maret 2019  12:42

Ribuan LSM Lira Kepung KPUD Kabupaten Probolinggo

Ribuan LSM Lira Kepung KPUD Kabupaten Probolinggo
Ribuan LSM Lira Kabupaten Probolinggo mendukung pelaksanaan Pemilu 2019. (BM/Saifullah)
PROBOLINGGO (BM) - Seribuan masa yang tergabung dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Probolinggo mengepung Kantor KPU Kabupaten Probolinggo, jalan raya panglima Sudirman Kota Kraksaan, Rabu (13/3) siang.
 
Mereka melakukan aksi damai, untuk mendukung Pesta Demokrasi 5 tahunan yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif.
 
Pantauan di lapangan, Jalur Surabaya-Banyuwangi dibuat macet dalam aksi damai 313 tersebut.
 
Apalagi, Bawaslu Jatim menyerahkan sertifikat akreditasi pemantau Pemilu 2019 kepada LSM LIRA sebagai lembaga pemantau di Jatim yang resmi.
 
Dalam orasinya, Bupati Lira Probolinggo Syamsudin Menyatakan, Kalau LSM Lira Kabupaten Probolinggo siap mendukung dan mensukseskan Pemilu 2019.
 
"Kami LSM Lira, Siap mendukung penyelenggara pemilu untuk memujudkan pemilu 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur adil serta berintegritas,"jelasnya.
 
Selain itu masih kata Syamsudin, pihaknya juga mendukung pelaksanan kampanye pemilu yang aman damai, tanpa Hoax, Politisasi Sara dan Politik uang.
 
"Kami LSM Lira Kabupaten Probolinggo siap mendukung pelaksanaan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,"paparnya.
 
Untuk membuktikan Lira siap mengawal Pemilu 2019 aman, pihaknya siap bekerjasama dengan Bawaslu dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan pengawasan independen serta menekan terjadinya pelanggaran pemilu.
 
"Kami juga siap melaporkan secara proses hukum apabila ditemukan oknum ASN yang tidak netral dalan proses dan tahapan pemilu sesuai UU No 7 tahun 2017,"sebutnya.
 
Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi mengatakan, Kalau dukungan LSM Lira tersebut merupakan dukungan resmi.
 
"Terimakasih atas dukungan dan kerjasamanya. Apalagi Bawaslu Jatim memberikan sertifikat akreditasi pemantau Pemilu 2019 kepada LSM LIRA sebagai lembaga pemantau yang resmi,"pungkasnya. (sip)



Berita Terkait