Berita Metro

Senin, 11 Desember 2017  17:15

PAN Isyaratkan Dukung Khofifah

PAN Isyaratkan Dukung Khofifah
Khofifah Indar Parawansa
JAKARTA (BM) – Poros baru yang diwacanakan tiga partai, yakni Gerindra, PAN dan PKS hampir pasti tak bakal terbentuk. Sebab, PKS telah menyatakan dukungan untuk Gus Ipul-Anaz, sementara PAN telah mengisyaratkan memberikan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil Dardak.

Dari Jakarta dikabarkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberi isyarat PAN akan mendukung Khofifah Indar Parawansa sebagai Cagub di Pilgub Jatim 2018.

"Iya, itu (Khofifah). Nah itu sudah tahu jawabannya kan. Masak harus saya perjelas," jawab Zulkfili saat ditanya kemungkinan PAN mendukung Khofifah di Pilgub Jatim 2018, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Ia menyatakan, alasan mendukung Khofifah karena setelah melakukan pertemuan dengan yang bersangkutan merasa cocok dan yakin dengan visi dan misi yang diusung.

Sementara, secara aspek politik, menurutnya ada peluang Emil Dardak yang telah resmi mendampingi Khofifah bisa bergabung dengan PAN.

"Ya tentu pertimbangannya politik ya kan kalau politik take and give. Misalnya kalau Dardak bisa nantinya siapa yang ditunjuk bergabung dengan PAN, nah kira kira begitu," kata Zulkifli.

Namun, perihal deklarasi dukungan ini, Zulkifli menyatakan PAN masih menunggu waktu. "Sudah dekat sekali. Sebelum ganti tahun," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Wasekjen PAN Yandri Susanto mengatakan suara kader PAN masih terbelah antara mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul) atau Khofifah di Pilgub Jatim 2018. Namun secara pribadi, Yandri cenderung ingin mengusung Khofifah.

"Sebagian ada ke Gus Ipul, kalau saya sebagai DPP ke Khofifah," kata Yandri, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Dalam Pilgub Jatim 2018, sudah ada dua pasangan yang secara resmi mendeklarasikan diri akan berkontestasi, yakni Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak.

Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas diusung PKB dan PDIP. Sementara Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak diusung oleh Demokrat dan Golkar.

Kabar lain menyebutkan, Gerindra memberikan surat tugas kepada La Nyalla Mattalitti untuk mencari koalisi di Pilgub Jatim 2018. La Nyalla akan segera mencari koalisi demi bisa diusung Gerindra.

"Insyaallah kami akan menjalankan perintah dalam surat tugas ini dengan baik, dengan sekuat tenaga," terang La Nyalla, Senin (11/12/2017).

Menurut La Nyalla, dalam waktu dekat, pihaknya akan meningkatkan komunikasi ke sejumlah partai, termasuk kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Kita akan mengonsolidasikan kekuatan untuk memenuhi persyaratan pencalonan. Sejauh ini kita berkomunikasi dengan partai, termasuk PAN cukup baik dan intens," jelas La Nyalla.

La Nyalla juga mengaku masih terus menggerakkan relawannya yang tersebar di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Baliho pencalonan La Nyalla sebagai bakal calon Gubernur Jatim juga beredar hampir di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur.

"Kami dengan partai lain dan relawan membicarakan bagaimana Jatim ke depan harus lebih berkeadilan sosial, masyarakatnya lebih sejahtera, dan ketimpangan bisa terus dikurangi," ujar mantan Ketum PSSI ini. (tir/det/tit)




Berita Terkait