Berita Metro

Senin, 26 Maret 2018  19:38

Konjen RI Jemput 2 Prajurit TNI yang Ditahan di Malaysia

Konjen RI Jemput 2 Prajurit TNI yang Ditahan di Malaysia
Ryamizard Ryacudu

Jakarta (BM) - Polisi Diraja Malaysia akan melepaskan 2 prajurit TNI yang sebelumnya sempat mereka tahan karena melanggar wilayah perbatasan. Pihak perwira Indonesian Liaison Officer (ILO) dan Konjen RI akan melakukan penjemputan.

"Saat ini sedang proses penjemputan oleh ILO dan Konjen RI di Kuching ke lokasi tempat anggota kita berada dan selanjutnya kembali ke induk pasukan," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayor Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (26/3/2018).

Sabrar menjelaskan hari ini dirinya telah mendapat laporan dari Komandan Korem 121/Alambhana Wanawai. Dia menyatakan pihak berwenang dari Polisi Diraja Malaysia menyatakan 2 prajurit yang ditahan itu sudah bisa dikembalikan.

Kedua prajurit ini, yakni Kopral Dua M Rizal dan Prajurit Kepala Subur Arianto, ditahan sejak Jumat (23/3) lalu. Kedua anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 642/Kapuas ini ditahan di kantor polisi di wilayah Lundu, Serawak, karena disebut melanggar wilayah perbatasan.

"Kita menghargai prosedur yang diterapkan di sana untuk melakukan pemeriksaan. Anggota kita dalam keadaan baik dan siap untuk dikembalikan," ujarnya.

Seperti diketahui, dua prajurit TNI Angkatan Darat (AD) ditahan Polisi Diraja Malaysia karena memasuki wilayah Malaysia saat melakukan pengendapan di perbatasan. Menteri Pertahanan Ryamizad Ryacudu mengatakan, insiden itu telah ditangani Kementerian Luar Negeri RI.

"Oh iya, lagi diurus. Urusnya gimana, ya kementerian lah. Biar nanti Menlu dulu lah, nanti saya bantu," kata Ryamizard di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Kedua prajurit TNI AD yang ditahan itu adalah Kopral Dua M Rizal dan Prajurit Kepala Subur Arianto. Mereka adalah anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 642/Kapuas.

Menurut Kapendam Tanjung Pura Kolonel (Inf) Tri Rana Subekti Kopda M Rizal dan Praka Subur diamankan Polisi Diraja Malaysia pada Jumat (23/3) lalu. Mereka kini masih ditahan di kantor polisi di wilayah Lundu, Serawak.

Kolonel Tri menyebut, Kopda M Rizal dan Praka Subur merupakan anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 642/Kapuas. Saat itu mereka sedang bertugas melakukan pengendapan atau penghadangan terhadap penyelundup di wilayah perbatasan.

"Ada perintah untuk menghadang penyelundup. Karena malam jadi dia tidak lihat situasi, sudah masuk wilayah Malaysia," jelasnya. (det/tit)




Berita Terkait